BeritaKoopsau 1

Dengan Samapta Fisik Prajurit Teruji dan Terukur

Oleh 23 Apr 2019 April 30th, 2019 No Comments
#TNIAU 

TNI AU. Untuk mengukur sejauh mana Kesamaptaan Prajurit dan PNS Lanud Roesmin Nurjadin, dilaksanakan kegiatan Samapta Periodik semester 1 tahun 2019, di Lapangan  Andalan Lanud RSN, Selasa, (23/4).

Kesamptaan jasmani yang baik merupakan modal utama dalam mendukung keberhasilan tugas TNI Angkatan Udara, dimana kegiatan samapta langsung dipimpin oleh Kasibinjas Letkol Kes Ojak Sibarani, S.Pd.

Sebelum kegiatan dimulai, diawali terlebih dahulu dengan pengecekan personel yang akan melaksanakan tes samapta kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan awal untuk mengukur tensi dan denyut nadi bagi para peserta.

Beberapa item yang dinilai dalam tes kesamaptaan jasmani, meliputi tes samapta A yaitu lari 2.400 meter, kemudian samapta B yang terdiri dari Push Up, Sit Up, Pull Up dan Shuttle Run.

Kasi Binjas Lanud RSN Letkol Kes Ojak Sibarani.,Spd., mengatakan, pembinaan fisik dalam menghadapi kesamaptaan jasmani bagi prajurit dan PNS ini mengacu pada program-program dari Komando Atas dan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, pembinaan dilaksanakan meliputi aerobik rutin tiap hari Selasa dan Kamis meskipun ditambah dengan olah raga umun yang dilaksanakan pada sore harinya, hal ini tinggal bagaimana personel yang bersangkutan mau membina dirinya.

Selanjutnya Kasibinjas menegaskan,bagi personel yang akan mengikuti seleksi sekolah diwajibkan untuk mengikuti test disamping latihan rutin setiap Rabu siang, dan setiap anggota yang tidak memenuhi syarat di bidang jasmani tidak akan diikutkan  dalam test tahap berikutnya.

“Program pembinaan fisik harus dilaksanakan secara serius dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu, saya berharap dengan semapta ini akan mampu mengukur kemampuan fisik  prajurit dan PNS” Ucap Kasibinjas.

Kegiatan test kesemaptaan diikuti oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS berjalan dengan aman dan terkendali

Terkait

Komentar