Berita

Denhanud 472 Paskhas Perkuat Latihan Cakra

Dibaca: 48 Oleh 28 Feb 2015Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 472 Paskhas terlibat memperkuat latihan Cakra B-15 yang dilaksanakan Kosekhanudnas II pada tanggal 23 sampai dengan 24 Februari 2015 di wilayah Pangkalan TNI AU Tarakan. Latihan yang dipimpin langsung Komandan Denhanud 472 Paskhas Letkol Psk Iwan Setiawan itu, bertujuan untuk menguji tingkat kesiapsiagaan operasional satuan, untuk menghadapi situasi ataupun tugas yang diberikan diseluruh jajaran Kosekhanudnas II dalam rangka menjaga kedaulatan wilayah nasional. Disela kegiatan latihan Letkol Psk Iwan Setiawan menegaskan, “Denhanud 472 Paskhas melaksanakan Operasi Pertahanan Udara, terutama dalam Pertahanan Udara Titik (Hanud Titik) dengan menggunakan Radar Smart Hunter dan Rudal Simulasi QW-3 (X Z1)”, tegasnya. 

Menurutnya tugas pokok Denhanud 472 Paskhas adalah melaksanakan Operasi Pertahanan Udara, sebagai bagian dari sistem Pertahanan Udara Nasional dan Operasi Militer lain atas kebijakan Panglima TNI. Dalam Operasi Pertahanan Udara, salah satunya adalah mempertahankan obyek vital nasional, diantaranya pangkalan udara atau bandar udara Internasional Juwata Tarakan di Kalimantan Utara, dari serangan Udara musuh.

Baca juga:  Latihan “KILAT C/13” Tahun 2013

Dalam skenario latihan Hanud ini, informasi awal (Early warning) adanya Lasa/pesawat musuh X yang tidak memiliki perijinan terbang atau melintas di Wilayah Udara NKRI, dan dinilai membahayakan bagi negara kesatuan republik Indonesia. Kosekhanudnas II memberikan tugas kepada Denhanud Paskhas untuk melaksanakan tugas Pertahanan Udara sesuai prosedur yang digunakan dalam operasi Hanud Titik. Oleh karena itu, Detasemen Hanud 472 Paskhas segera melaksanakan tugas operasi menghancurkan Lasa/Pesawat musuh tersebut dengan menggunakan Rudal QW-3 yang telah disiapkan, untuk tetap tegaknya Kedaulatan Wilayah Udara Nasional.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel