Berita UtamaFoto

Denma Mabesau Dilengkapi Yonkes

Oleh 29 Apr 2019 No Comments
#TNIAU 

Kasau : Yonkes Denma Mabesau Harus Berkemampuan Menggelar Dukkes Dalam Waktu Singkat

TNI AU. Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., meresmikan Batalyon Kesehatan Detasemen Markas Besar TNI AU (Yonkes Denma Mabesau), dalam sebuah upacara militer, di lapangan apel Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (29/4). Peresmian ditandai dengan penyerahan Pataka Yonkes “Jagrapara Yudha Prasanti” dari Kasau kepada Komandan Yonkes Letkol Kes dr. Heru Wisnu M, Sp.An.

Kasau mengatakan, peresmian Yonkes, sebagai tindak lanjut dari validasi organisasi kesehatatan TNI AU tentang pembentukan satuan reaksi cepat dukungan kesehatan, baik dalam konteks Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Sebagai satuan reaksi cepat, Yonkes Denma Mabesau harus memiliki kemampuan menggelar dukungan kesehatan dalam waktu singkat dengan kapasitas yang memadai” pinta Kasau.

Lebih lanjut Kasau mengatakan, kedepan Yonkes Denma Mabesau akan menghadapi tantangan tugas yang lebih berat. Bila mencermati dinamika sosial yang ada, Kasau mempridiksi peran TNI, termasuk TNI Angkatan Udara, khususnya pada aspek kesehatan akan makin meningkat, baik yang bersifat bantuan penugasan maupun dalam menghadapi bencana alam yang sering terjadi di wilayah Indonesia.

“Yonkes Denma Mabesau dituntut mampu memberikan pertolongan pelayanan kesehatan secara dini dan berfungsi sebagai tim aju sebelum pertolongan lain datang dengan melaksanakan pelayanan kesehatan awal dan persiapan Evakuasi Medik Udara untuk dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih lengkap di daerah aman,” tambah Kasau.

Kasau berharap, kedepan pembinaan kemampuan Yonkes Kesehatan Denma Mabesau diarahkan untuk mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan keselarasan antara kemampuan inti dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan tugas.

Sebagai satuan operasional dalam bidang kesehatan, Yonkes Denma Mabesau juga diharapkan mampu melaksanakan peran dan fungsinya secara optimal sehingga dapat menunjukkan eksistensi TNI AU dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Jiwa korsa dan semangat juang yang tinggi menjadi satu faktor yang diharapkan dapat mendorong meningkatkan moril personel korps kesehatan TNI AU dalam menghadapi setiap tantangan tugas” pinta Kasau

Upacara yang ditandai dengan pengukuhan Komandan Yonkes ini, dihadiri Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H, M.DS, Irjenau Marsda TNI Yadi Indrayadi, Koorsahli Kasau Marsda TNI DR. Umar Sugeng, S.IP, SE, MM, para Asisten Kasau, para pejabat Mabesau, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS TNI AU serta para undangan.

Berita Terkait

Komentar