Berita

Depohar 10 Siap Hadapi Tantangan Pemeliharaan Alutsista

PEN_2870
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.        Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Dento Priyono menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-62 Depohar 10 di Lapangan Upacara Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung, Senin  (1/4). Pada peringatan kali ini, tema yang diusung  adalah “Dilandasi profesionalitas, militan dan inovatif, Depohar 10, siap menghadapi tantangan pemeliharaan alutsista di masa depan.”

Dalam sambutan tertulisnya, Dankoharmatau menyampaikan bahwa pada masa awal kemerdekaan, Depohar 10 telah banyak  menorehkan tinta emas dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya dalam proses perawatan serta pemeliharaan pesawat-pesawat peninggalan Jepang. Tugas dan fungsi Depohar 10 adalah melaksanakan pemeliharaan tingkat berat pesawat terbang bersayap tetap (fixed wing), bersayap putar (rotary wing), pemeliharaan komponen, kalibrasi alat ukur presisi, pemeriksaan Non Destructive Inspection (NDI), dan produksi materiil.

Pada bagian lain, Dankoharmatau mengatakan bahwa kesiapan personel yang profesional merupakan hal yang sangat  penting dalam bidang pemeliharaan dan kesiapan sarana prasarana.  “Menuju organisasi yang lebih baik di masa mendatang, Depohar 10 akan terus menerus melaksanakan pembenahan yang sejalan dengan reformasi nasional dan program modernisasi alutsista TNI Angkatan Udara.  Program  pembinaan personel diharapkan bisa menjadi prioritas yang utama,” Ungkapnya.

Komandan Kahormatau menambahkan bahwa kesejahteraan prajurit juga harus bisa diwujudkan sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya etos kerja yang tinggi, penuh semangat, dinamis, dan berkembang di lingkungan tempat bekerja. Pada tahun 2018. Depohar 10 telah melakukan terobosan yaitu pertama kalinya berhasil melaksanakan Check D pada pesawat Boeing 737-500 A-7307. Keberhasilan tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Staf TNI Angkatan Udara. Depohar 10 juga berhasil memproduksi Towing Bar yang bisa digunakan pada Boeing 737 dan Pesawat CN 235/295. Selain itu, ada juga memproduksi podium portable dan Aircraft Ladder untuk Boeing 737 yang multi fungsi. Prestasi tersebut diharapkan bisa dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang. Rangkaian Kegiatan selanjutnya juga dilaksanakan ramah tamah, pemberian penghargaan, donor darah, dan penyerahan Pesawat Boeing 737-200 AI-7301 dari Komandan Skadron 5 kepada Dankoharmatau.

Hadir dalam kegiatan tersebut Para sesepuh Depohar 10, Kadislibangau, Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan III Koharmatau, para Pejabat Koharmatau, Danlanud Husein Sastranegara, Danwingdiktek, Karumkit Salamun, Danpusdiklat Paskhas, Kalafiau serta segenap undangan baik dari instansi sipil maupun militer di wilayah kota Bandung.

Leave a Reply