Berita

Depohar 80, Depo Pemeliharaan Pesawat Tempur Diresmikan Kasau

Depohar 80, Depo Pemeliharaan Pesawat Tempur Diresmikan Kasau
#TNIAU 

TNI AU. Penlanud Iswahjudi (31/7). Pembentukan Depohar (Depo Pemeliharaan) 80 dan pembentukan Satuan Pemeliharaan (Sathar 81, 82 dan 83) mempunyai nilai efisiensi dan efektifitas dalam program pemeliharaan alutsista pesawat tempur dan fasilitas pendukung penerbangan lainnya dalam rangka mendukung tugas operasi dan latihan TNI Angkatan Udara.

Bersamaan dengan itu juga dilantik 8 pejabat baru termasuk Komandan Depohar 80 Kolonel Tek Iwan Agung Djumaeri, S.I.P., Letkol Tek Tri Nugroho, S.T., M.I.Pol., Komandan Sathar 81, Letkol Tek Adi Mulia, S.E., M.I.Pol., Komandan Sathar 82, dan Letkol Tek Anton Firmansyah, S.T., M.A.P., Komandan Sathar 83, selain itu juga dilantik Mayor Lek Iwan Dwi Saputra sebagai Komandan Sathar 24 (Depohar 20 Lanud Iswahjudi), Mayor Lek Muhammad Reza Komandan Sathar 43 (Depohar 40 Lanud Sulaiman Bandung), Mayor Lek Nopriyansyah Komadan Sathar 54 dan Mayor Lek M. Sarwo Edy sebagai Komandan Sathar 55 (Depohar 50 Lanud Adi Soemarmo Surakarta).

Bertempat di Main Apron Lanud Iswahjudi, Kasau dalam Sambutannya mengatakan “Keberadaan Depohar 80 dan beberapa Sathar ini, merupakan hasil usaha dan do’a kita semua, sehingga pada hari yang berbahagia ini, apa yang kita rencanakan telah menjadi kenyataan” Dengan diresmikannya satuan pemeliharaan dibawah jajaran Koharmatau ini, maka kedepan diharapkan dapat bekerja secara maksimal, sehingga kesiapan operasional Alutsista pesawat tempur dan fasilitas pendukung lainnya senantiasa siap dalam kegiatan operasi dan latihan tanpa harus bergantung pada pihak ketiga dan menjadikan Koharmatau sebagai tumpuan dalam pemeliharaan dan perawatan yang dapat mengurangi biaya tinggi. “

Sedangkan untuk Sathar 81, 82, 83 yang merupakan satuan di bawah Depohar 80 nantinya melaksanakan tugas pemeliharaan tingkat berat alutsista pesawat tempur TNI Angkatan Udara. Sathar akan melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan tingkat berat engine F 100-PW 220E (pesawat F-16), engine Adour MK 871(pesawat Hawk MK-109/209) dan engine F 404-GE 102 (pesawat T 50i), Sathar 82 bertugas melaksanakan pemeliharaan tingkat berat engine AL-31F seri 23 (pesawat SU 27/30 Sukhoi), engine pesawat pengganti F-5 E/F, engine dan aksesorisnya, sedangkan Sathar 83 akan melaksanakan pemeliharaan tingkat berat komponen engine pesawat tempur, kalibrasi AUP (Alat Ukur Presisi), NDI dan Fabrikasi.

Prosesi upacara yang cukup panjang dimulai dari pemasangan pangkat dan tanda jabatan serta penyerahan tongkat jabatan, pembukaan lambang- lambang satuan, penyerahan lambang-lambang satuan oleh Kasau, penyumpahan, penandatanganan berita acara, dilanjutkan laporan resmi dan diakhiri pembukaan slubung satuan, penandatangan prasasti dan dilanjutkan peletakan batu pertama pembangunan Depohar 80.

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel