Berita

Derasnya Hujan Iringi Upacara Hari Kelahiran Pancasila di Biak Numfor

Dibaca: 23 Oleh 01 Jun 2019Juni 11th, 2019Tidak ada komentar
IMG-20190601-WA0028
#TNIAU 

IMG-20190601-WA0031

TNI AU.  Pagi usai fajar menyingsing hujan yang turun lebat turut mengiringi pelaksanaan upacara rutin yang diperingati tanggal 1 Juni tiap tahunnya. Meskipun cuaca tidak mendukung hal ini

tidak menyurutkan semangat para prajurit TNI AU Biak, pasalnya hari ini diperingati oleh seluruh warga indonesia dikarenakan BPUPKI membentuk panitia sembilan yang ditugaskan kembali merumuskan pancasila sebagai dasar negara berdasarkan pidato yang diucapkan ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni tepatnya tahun 1945.

Berkaitan dengan itu dalam rangka memperingati hari lahirnya pancasila tahun 2019. Pangkosekhanudnas Marsma TNI Mujianto S.T., M.tr (Han) turut melaksanakan upacara gabungan yang digelar di lapangan upacara mako Lanud Manuhua Biak Numfor (1/6). Upacara ini melibatkan seluruh jajaran TNI AU di wilayah Kabupaten Biak Numfor.

Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono P., S.IP selaku inspektur upacara membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang isinya “Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografls, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.”

Baca juga:  Kolonel PNB Daan Sulfi Jabat Kadepjasmil AAU

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Turut hadir dalam upacara tersebut Kas Koopsau III Marsma TNI I Wayan Sulaba, Danlanud Manuhua Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos.M.Si (Han), Ir Koopsau III Kol I Nyoman Sumantha, Asintel Koopsau III Kol Sus Drs. Shobirin, Aslog Koopsau III Kol Tek Herry Pinehas, Sahli Bidang Komsos Koopsau III Kol Sus Marta Gunawan, Kadisops Lanud Manuhua Biak Kol Pnb Abram A. Tumanduk, Kadispers Lanud Manuhua Biak Kolonel Adm Hendi Hendarto, Kadislog Lanud Manuhua Biak Kolonel Kal Andrianus Lalandos, Dan Satpom Lanud Manuhua Letkol Pom Eko Slamet Widodo ,Danyon 468 paskhas Mayor Pas Sonny Widiarso.

Baca juga:  PERESMIAN JOGING TREK DI RSAU LANUD SJAMSUDIN NOOR

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel