Berita

DETEKSI DINI BAHAYA KANKER SERVIKS

Dibaca: 6 Oleh 18 Nov 2011Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Meski kanker serviks menakutkan, namun kita semua bisa mencegahnya sebelum terinfeksi HPV dan akhirnya dapat terhindar dari derita kanker serviks. Bagaimana cara mendeteksi bahwa seorang wanita terinfeksi HPV yang menyebabkan kanker serviks?, demikian disampaikan oleh dr. Ryan Thamrin, SpOG, mengupas tuntas cara mendeteksi dan mengantisipasi terjangkitnya pennyakit tersebut, dalam ceramah kesehatan dalam rangka HUT PIA ke-55, di Graha Dewanto, Lanud Iswahjudi. Kamis (17/11).

Penyebab terjadinya kanker serviks yaitu melalui virus HPV (human papilloma virus), tangan yang tidak bersih dimasukkan ke vagina, merokok, kurang mengkonsumsi vitamin C, asam folat dan vitamin E serta berganti-ganti pasangan. Aktifitas yang tidak baik tersebut telah menjadi kebiasaan masyarakat kita yang akibatnya berdampak pada terjangkitnya kanker servik.

Gejala seorang terinfeksi HPV memang tidak terlihat dan tidak mudah diamati namun dapat dilakukan pemeriksaan sitologis leher rahim yaitu dengan Pap Smear, IVA, Thin prep serta kolposkopi. Namun pencegahannya dapat juga dilakukan dengan pola makan sehat, hindari merokok, hindari seks sebelum menikah, hindari berhubungan seks selama haid, hindari berhubungan seks dengan partner serta rutin menjalani pap smear.

Baca juga:  KOPANA Sosialisasi di Lanud Surabaya

Ceramah yang dihadiri ketua PIA Ardhya Garini Bakorcab Madiun Ny. Lidya M.Syaugi dan Ketua PIA Ranting jajaran Lanud Iswahjudi serta para pengurus tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-55 PIA Ardhya Garini tepatnya pada tanggal 25 Nopember 2011 mendatang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel