Berita

Deteksi Dini Gejala Hepatitis di Lanud Husein S

Dibaca: 4 Oleh 08 Okt 2014Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Sudah menjadi program kerja Diskesau untuk melakukan sosialisasi dan deteksi dini akan bahaya Hepatitis yang dapat menyerang tubuh. Untuk itu seluruh personel Lanud Husein Sastranegara yang bekerjasama dengan Tim Medis dari RSAU dr. Salamun melakukan pengambilan darah untuk ditekahui sekaligus pencegahan dini Gejala Hepatitis, di Halaman Mako Lanud Husein Sastranegara, (08/10).

Acara yang dilaksanakan selepas Apel Pagi ini di ikuti oleh seluruh personel Lanud Husein Sastranegara. Menurut Kadispers Lanud Husein S Letkol Adm Zainal Abidin mengatakan bahwa Rikes (Pemeriksaan Kesehatan) ini sengaja dilaksanakan pada pagi hari mengingat di pagi hari tentu belum banyak para personel yang mengkonsumsi makan ataupun minuman sehingga darah yang diambil nanti belum banyak terkontaminasi.

Sementara ditempat yang sama Tim Medis dari RSAU dr. Salamun juga menjelaskan bahwa; Hati memiliki ratusan fungsi sehingga menjadi salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Fungsi hati di antaranya adalah memproduksi cairan empedu yang dapat membantu pencernaan lemak, menyimpan karbohidrat, memproduksi senyawa yang penting dalam pembekuan darah, serta menghilangkan racun dari tubuh.

Baca juga:  Entry Briefing Wasrik Itkohanudnas di Kosekhanudnas II

Lebih lanjut disampaikan pula bahwa Manusia hanya memiliki satu buah hati. Organ ini memiliki daya tahan yang sangat tangguh. Hati bahkan tetap bekerja meski mengalami kerusakan dan mampu terus beregenerasi (memperbaiki diri) selama tidak mengalami kerusakan yang benar-benar parah. Salah satu infeksi serius yang dapat menyerang hati adalah hepatitis B yang disebabkan oleh virus. Beberapa Gejala Hepatitis B antara lain:

• Kehilangan nafsu makan.

• Mual dan muntah.

• Sakit kuning (dilihat dari kulit dan bagian putih mata yang menguning).

• Gejala yang mirip pilek, misalnya lelah, nyeri pada tubuh, dan sakit kepala.

Tetapi gejala-gejala tersebut tidak langsung terasa dan bahkan ada yang sama sekali tidak muncul. Karena itulah banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi. Inkubasi adalah jarak waktu antara virus pertama masuk ke dalam tubuh hingga munculnya gejala pertama infeksi tersebut. Masa inkubasi hepatitis B biasanya berkisar antara 1-5 bulan sejak terinfeksi virus. Maka dengan dilaksanakan pemeriksaan darah inilah kita akan ketahui dan dapat mencegah akan bahaya Hepatitis.

Baca juga:  HUT KE 63 POMAU DILANUD SAM RATULANGI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel