Berita

Deteksi Dini Kanker dan Pencegahannya Di Pia Ag Lanud Sultan Hasanuddin

Dibaca: 40 Oleh 26 Sep 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Pemeriksaan papsmear dan Inspeksi Visual dengan asam Asetat (IVA) sering diabaikan setiap perempuan sehingga banyak berakibat fatal, bahkan bisa mengakibatkan meninggal dunia apabila terjadi kesalahan. Menurut data kesehatan sekitar 17 persen kematian perempuan karena kanker baik kanker serviks atau yang lebih dikenal kanker mulut rahim dan kanker payudara.

Demikian sambutan yang disampaikan Ketua PIA Ardhya Garini Cabag 8/D II Lanud Sultan Hasanuddin Ibu Yetha Bowo Budiarto pada kegiatan pertemuan dan arisan PIA Ardhya Garini Lanud Sultan Hasanuddin di Gedung Serbaguna Lanud Sultan Hasanuddin, Selasa (19/9).

Pada pertemuan tersebut, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang Lanud Sultan Hasanuddin mengambil tema “Deteksi dini kanker serviks dan upaya pencegahannya” dengan narasumber dr. Dorphiana Litaay, Sp.OG.

“Kanker serviks merupakan penyakit yang menyebabkan kematian dan sering diderita kaum perempuan dengan penyebab diantaranya kawin pada usia muda, berganti-ganti pasangan seksual, terdapat infeksi pada kelamin, banyak melahirkan anak, merokok dan kekurangan vitamin A, C atau E”, jelas dr. Dorphiana.

Baca juga:  Pangkosekhanudnas I Beri Penghargaan kepada Anggota Kosekhanudnas I

Selain itu juga dijelaskan deteksi dini terhadap kanker serviks dengan melaksanakan papsmear maupun IVA. Inspeksi Visual Asam (IVA) merupakan deteksi dini kanker serviks alternatif selain papsmear untuk memeriksa daerah yang tidak bisa dijangkau oleh papsmear. Apabila hasil tes IVA positif segeralah melaksanakan papsmear dan melakukan tindakan pengobatan oleh dokter.

“Saya mengharapkan ibu-ibu bisa melaksanakan pemeriksaan papsmear maupun IVA sejak dini dimana Rumah Sakit terdekat seperti Rumah Sakit dr. Dody Sarjoto Lanud Sultan Hasanuddin minimal setahun sekali”, tambahnya.

“Selain itu juga untuk anak-anak sekolah agar menjaga dan memelihara kebersihan organ produksinya secara baik dan benar serta dihimbau untuk terus menggerakkan masyarakat agar secara rutin melakukan pemeriksaan”, ujarnya lagi.

Ketua PIA Ardhya Garini Lanud Sultan Hasanuddin juga mengharapkan “Dengan adanya pertemuan gabungan ini diharapkan kepada ibu-ibu anggota dapat bekerjasama dan tetap menjaga kekompakan, bahu-membahu guna melaksanakan dan memajukan organisasi PIA Ardhya Garini Lanud Sultan Hasanuddin serta senantiasa menjaga kesehatan agar terhindar dari kanker serviks.”

Baca juga:  Personel Yonko 464 Paskhas Ikuti Donor Darah

Turut hadir pula Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Maros Ibu Sri Wahyuni Kadir, SKM, AAK, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/G IV Wing II Paskhas, para pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 8/D II Lanud Sultan Hasanuddin serta PIA Ardhya Garini Cabang 3/G IV Wing II Paskhas dan anggota PIA Ardhya Garini Cabang 8/D II Lanud Sultan Hasanuddin, Wara dan ASN putri Lanud Sultan Hasanuddin.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel