TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat

By 31 Oct 2017 Berita
logo-tni-au-featured-1600×900

Mens sana in corpore sano, yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Hal tersebut disampaikan Kasibinjaskemil Lanud Sultan Iskandar Muda Mayor Kes Gunawan Wibisono saat memberikan pengarahan tentang pentingnya menjaga kondisi tubuh tetap prima, sehat dan selalu siap siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Salah satu upaya mengukur kondisi tubuh yang prima, dengan mengadakan test kesamaptaan jasmani semester II Tahun 2017, dimana terdapat samapta A bagi militer dan PNS yaitu lari selama 12 menit dengan jarak tempuh minimal 2400 meter dilanjutkan, samapta B khusus militer terdiri dari pull up untuk mengetahui kekuatan otot bahu yang dilaksanakan satu menit, selanjutnya sit up untuk mengukur daya tahan perut dilaksanakan satu menit dan push up untuk mengukur kekuatan lengan, bahu juga dada serta shuttle run yaitu berlari membentuk angka 8 bertujuan mengukur koordinasi dan kelincahan. Hasil test ini, katanya, akan dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam pembinaan karier dan tolak ukur pembinaan personel di lingkungan Lanud Sultan Iskandar Muda

“Semangat boleh saja selama pelaksanaan samapta, namun harus disadari bahwa kemampuan seseorang ada batasannya, sehingga tidak perlu dipaksakan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Mayor Kes Gunawan Wibisono dihadapan personel Lanud Sultan Iskandar Muda. Selasa (31/10). Sebelum pelaksanaan, terlebih dahulu diadakan cek tekanan darah dari seksi kesehatan Lanud Sultan Iskandar Muda guna melihat kesehatan personel kemudian pemanasan terpimpin oleh staf binjaskemil.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat