Berita

Dirlat Kunjungi Lapangan Terbang Ama Hei Pulau Seram

Dibaca: 9 Oleh 06 Sep 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Usai meninjau DZ untuk pendaratan 30 penerjun Paskhas TNI AU dilapangan Nusantara Masohi, Direktur Latihan Trisula Perkasa Korpaskhas Kolonel Pas Candra Waskita didampingi Damdim Masohi, Kapolres Masohi dan Danyon 464 Paskhas Letkol Pas Yosafat beserta rombongan langsung mengunjungi lapangan terbang Amahai yang berlokasi di pinggir kota Masohi Kecamatan Amahai, Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (04/9).

Dalam acara kunjungan ke Pangkalan Udara Ama Hai tersebut, rombongan disambut oleh salah satu saksi sejarah bapak Wiliam Lekahuna dimana merupakan Purnawirawan Pegawai Negeri Sipil AURI tahun 1962.

Menurut keterangan bapak Wiliam Lekahuna, pada tahun 1961 Satu Batalion PGT (saat ini bernama Korps Paskhas) bersama dengan pasukan TNI lainya tiba di lapangan terbang Ama Hei untuk melaksanakan pengamanan Pangkalan Udara dikarenakan ada kemungkinan Pangkalan Udara Ama Hai pada saat itu akan diserang oleh Belanda. Tutur Bpk Wiliam Lekahuna. Kemudian pada awal Tahun 1963 prajurit PGT sebanyak Satu Batalion berangkat ke Irian Barat melawan penjajah Belanda, di Irian Barat. Tambahnya.

Baca juga:  PELETAKAN BATU PERTAMA CLUB HOUSE PADANG GOLF EL TARI

Dalam mendukung pelaksanaan dan pergerakan Pasukan PGT pada saat itu menggunakan pesawat C-130 Hercules dan ikut stanby dalam mendukung operasi tersebut pesawat tempur Mustang, Mig 21 dan pesawat pembom. Tegasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel