Berita

Dirpers Koharmatau: Evaluasi Penggunaan Bilik Disinfektan

Dirpers Koharmatau : Evaluasi Penggunaan Bilik Disinfektan
#TNIAU 
Dirpers Koharmatau : Evaluasi Penggunaan Bilik Disinfektan

Dirpers Koharmatau : Evaluasi Penggunaan Bilik Disinfektan

TNI AU.  Menindak lanjuti surat edaran Kementerian Kesehatan RI bernomor HK: 0202/III/375/2020 tentang Penggunaan Bilik Disinfeksi dalam Rangka Pencegahan Penularan Covid-19. Mako Koharamatau, Lanud Husein Sastranegara, Bandung. Selasa (07/04/2020).

Surat edaran tersebut memberi penilaian tentang bilik disinfeksi yang sekarang banyak digunakan instansi pemerintah dan swasta termasuk Koharmatau untuk mendisinfeksi permukaan tubuh yang tidak tertutup, pakaian dan barang-barang yang digunakan atau dibawa oleh manusia.

Berdasarkan informasi dari lapangan, berbagai macam cairan disinfektan yang digunakan untuk bilik disinfeksi ini di antaranya adalah diluted bleach (larutan pemutih/natrium hipoklorit), klorin dan sejenisnya.

Disinfektan tersebut dalam penggunaanya merupakan disinfektan yang diperuntukkan mendisinfeksi ruangan dan permukaan, seperti lantai, perabot, peralatan kerja, pegangan tangga, moda transportasi, dan lain-lain.

Menurut WHO, menyemprotkan disinfektan ke tubuh dapat berbahaya untuk membran mukosa (misal: mata, mulut) sehingga berpotensi menimbulkan risiko terhadap kesehatan dan merusak pakaian.

Pajanan desinfektan langsung ke tubuh secara terus-menerus dapat menyebabkan iritasi kulit dan iritasi pada saluran pernapasan.

Baca juga:  Lanud El Tari Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Solusi aman untuk pencegahan penularan virus SARS-CoV-2 saat ini adalah melakukan cuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir dengan rutin atau gunakan hand sanitizer. Membersihkan dan melakukan disinfeksi secara rutin pada permukaan benda-benda yang sering disentuh, peralatan kerja, ruangan, moda transportasi, dan lain-lain.

Sementara itu, Dirpers Koharmatau Kolonel Tek. I. Nyoman S., S.I.P., M.H., M.Tr., (Han)., menyikapi surat edaran Kemenkes RI dan WHO, melakukan evaluasi terhadap Penggunaan Bilik Disinfeksi Covid-19 yang digelar tim Kesehatan Koharmatau.
Yang menjadi penekanan Dirpers kepada Kepala Kesehatan (Kakes) Koharmatau, dalam penggunaan bilik Disinfeksi tersebut adalah:

pertama, Bilik Disinfeksi tetap difungsikan seperti biasa, namun cairan disemprotkan pada kendaraan, bukan pada personel.

Kedua, cairan disinfektan yang digunakan selama ini dengan adanya himbauan dari Kemenkes dan WHO, diganti dangan cairan disinfeksi yang lebih aman sehingga tidak berdampak buruk bagi personel maupun lingkungan sekitar.

Selain itu, Dirpers Koharmatau juga menekankan wajib mengunakan masker di ruang publik dan selalu disiplin menjaga physical distancing, serta konsisten melaksanakan Protokol pencegahan Covid-19 yg dikeluarkan pemerintah, baik di lingkungan maupun saat berada di rumah masing-masing.

Baca juga:  Danlanud Sim Sambut Kedatangan Dankorpaskhas

Demikian beberapa evaluasi yang disampaikan Dirpers Koharmatau terkait penggunaan Bilik Disinfeksi Covid-19, yang wajib dilaksanakan baik pada tingkat Mako Koharmatau maupun satuan jajaran Koharmatau.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel