TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Disiplin Harus Terus Melekat Dalam Diri Prajurit

WhatsApp_Image_2018-04-16_at_2.42.20_PM

Apel pagi dan siang merupakan hal sepele kalau dilihat dari satu sudut pandang, namun berbeda bagi prajurit militer apel pagi merupakan kewajiban serta  tuntutan yang harus dilaksanakan dalam setiap hari. Diawali apel pagi sampai dengan berakhirnya bekerja ditutup apel siang.

Hal tersebut disampaikan Direktur Umum (Dirum) Kodiklatau Marsekal Pertama TNI Irbanto Aviatno, SE., dalam sambutannya pada mengambil apel pagi di Mako Kodiklatau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Timur, Senin (16/04).

Lebih lanjut Dirum Kodiklatau mengatakan, apel merupakan cek kesiapan kekuatan prajurit yang akan melaksanakan dinas dalam kesehari-harinya. Sehingga kekuatan organik prajurit Kodiklatau dapat diketahui keberadaannya berdasarkan kesibukkan serta tugas yang diemban pada saat itu.

Sebagaiman kita ketahui bersama bahwa tidak semua prajurit mulai perwira, bintara, tamtama dan PNS dalam kedinasan selalu berada di Markas Komando namun adakalanya melaksanakan dinas luar markas yaitu melaksanakan tugas kesatuan jajaran Kodiklatau sesuai kebutuhan organisasi, lanjutnya.

Dikala negara dalam keadaan damai tugas prajurit adalah berlatih dan berlatih serta menyiapkan satuannya dalam rangka siap mendukung operasi dalam melaksanakan tugas apabila sewaktu-waktu dibutuhkan Negara. Untuk itu, cek kesiapan prajurit sangat perlukan sekaligus memudahkan kontrol kepada prajurit yang melaksanakan tugas baik dalam markas maupun di luar markas.

Dirum berharap, jangan pernah melindungi prajurit berlindung dengan alasan apapun bentuknya karena malas ikut apel, karena sama saja memberikan kesempatan menumbuhkan rasa malas, membunuh tingkat disiplin bagi oknum prajurit tersebut, karena disiplin dan loyalitas bagi prajurit TNI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Disiplin Harus Terus Melekat Dalam Diri Prajurit