Berita

Diskonsau Gelar Latihan Operasi Rekonstruksi Pangkalan Udara 

Dibaca: 2 Oleh 14 Okt 2021Tidak ada komentar
IMG 20211014 WA0050
#TNIAU 

TNI AU. Halim Perdanakusuma, Dispenau. Menjelang pelaksanaan Latihan Angkasa Yudha Tahun 2021, Dinas Konstruksi TNI AU (Diskonsau) menggelar latihan parsial, Operasi Rekonstruksi Pangkalan Udara (ORPU) dengan melaksanakan rekontruksi landasan dan penggelaran PALS, PAVI, serta penggelaran Power supply di Runway Mini Satrekons Diskonsau, Jakarta Timur. Kamis (14/10/2021).

Latihan rekonstruksi ini turut disaksikan oleh, Komandan Pusat Latihan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Danpuslat Kodiklatau), Marsma TNI Azhar Aditama D, S.Sos., M.M., M.Han., dan Kepala Staf Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Kaskoopsau I), Marsma TNI Jorry S. Koloay, S.I.P., M.Han., serta Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc.,.

Pada latihan ini, diskenariokan telah terjadi pengeboman di landasan Pangkalan Udara oleh musuh yang mengakibatkan terjadinya kerusakan landasan pacu dan padamnya instalasi listrik. Kemudian tim Rekonstruksi diperintahkan melaksanakan kegiatan investigasi awal jihandak dan tingkat kerusakan landasan serta instalasi listrik akibat kejadian tersebut.

Selanjutnya tim rekonstruksi melakukan manuver untuk melaksanakan kegiatan rekonstruksi dengan membawa peralatan dan materil yang dibutuhkan ke lokasi kerusakan, sesuai dengan prosedur rekonstruksi.

Baca juga:  Jabatan Komandan Detasemen Makoopsau I di Serah terimakan

Pada simulasi ini, tim rekonstruksi melakukan De-watering di lokasi crater (lubang bekas bom), merapikan sisi crater dengan melakukan cutting pada sisi luar crater dengan menggunakan cutting machine dan eksavator/bachoe loader, memasukan kembali debris (serpihan material akibat bombing) kedalam crater dengan menggunakan wheel loader.

Setelah itu, tim rekonstruksi juga melakukan pemadatan dengan menggunakan vibro compactor dan menambah material base course ke dalam crater hingga level yang diinginkan menggunakan dump truck, perataan areal crater, melakukan pengujian hasil pemadatan dan melaksanakan pekerjaan surfacing sesuai dengan aspal hot mix, serta melakukan pembersihan terhadap material yang tersisa yang dapat mengakibatkan Koba.

Latihan yang berlangsung satu hari ini bertujuan untuk menguji kesiapan personel Satrekon Diskonau dalam merekonstruksi landasan pacu atau runway yang dihancurkan oleh musuh.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel