TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Diskusi Ketahanan Nasional Bersama Panglima Kosekhanudnas III

TNI AU. Panglima Kosekhanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M. Tr. (Han) di dampingi para Asisten Kosekhanudnas III menghadiri diskusi dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia di ruang rapat Diponegoro Hotel Polonia Medan. Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Plt Sekdaprovsu, Pangdam I/BB diwakili Sahli Sishanneg Kodam I/BB, Kapoldasu diwakili Dir Pol Air Poldasu, Kajatisu diwakili Asisten Tindak Pidana Umum, Kadin Perindustrian dan Perdagangan Provsu, Wakil Rektor III USU, Wakil Ketua Umum Kadin Sumut, para Tim dari Lemhannas RI dan Para Perwira Menengah (Pamen) TNI/POLRI serta Instansi Pemerintah dan sipil. Kamis (08/03).

Dalam diskusi tersebut sebagai pembicara sekaligus Ketua Tim Kajian Lemhannas RI Prof. Dr. Ir Djagal Wiseso Marseno, M. Agr (Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI) dan didampingi oleh Marsda TNI Gutomo, S.I.P., (Taji Bid Diplomasi Lemhannas RI) dengan tema diskusi “Implementasi kebijakan luar negeri Indonesia guna menghadapi kebijakan Amerika dan Cina dalam rangka Ketahanan Nasional.”

Selanjutnya Panglima menyampaikan penjelasan mengenai keberadaan Kosekhanudnas III di Sumatera Utara dengan Satuan Radar Jajaran, sangat strategis untuk menangkal berbagai ancaman udara dari pesawat-pesawat asing yang melintas di wilayah udara NKRI khususnya Indonesia bagian barat. Hal ini ditunjukkan dengan penurunan pelanggaran udara yang sangat drastis. Mengharapkan kepada pemerintah dan seluruh Stake Holder agar kekuatan udara ditingkatkan dengan pengadaan pesawat buru sergap di Medan atau Banda Aceh, untuk keefektipan waktu Intercept dan pengadaan rudal jarak jauh apabila ada pesawat asing yang melintas tanpa ijin yang mengancam NKRI.

Penyelenggaraan diskusi Lemhannas RI ini bisa menjadi salah satu wadah untuk merespon kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta isu yang berkembang untuk melepaskan kendala ruang dan waktu sehingga membawanya pada peradaban dan kehidupan yang baru serta berperan dalam pengembangan peradaban dan penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dan dunia.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Diskusi Ketahanan Nasional Bersama Panglima Kosekhanudnas III