Berita

DISKUSI PROTOKOL KOMUNIKASI DATA RADAR DI KOHANUDNAS

Dibaca: 44 Oleh 24 Mei 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) mengadakan diskusi Protokol Komunikasi Data Radar dengan Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Udara (Dislitbangau), Dinas Komonikasi dan Elektronika TNI Angkatan Udara (Diskomlekau), Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI dan BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material serta staf jajaran Kohanudnas, di Makohanudnas. Rabu, (23/5).

Diskusi ini dilaksanakan untuk mencari dan menentukan Protokol Komunikasi Data Radar yang terbaik bagi seluruh alutsista yang ada di jajaran Kohanudnas, sehingga proses komunikasi data dapat terlaksana dengan baik dan optimal dalam mendukung tugas-tugas Kohanudnas.

Penelitian dan pembuatan Protokol Komunikasi Data Radar yang dilaksanakan Dislitbangau ini dilatarbelakangi, karena tipe radar-radar yang berada di jajaran Kohanudnas berbeda-beda, sehingga berdampak pada perbedaan output data. Perbedaan sistem keluaran ini memberikan beban tersendiri dalam proses pertukaran data atau interprestasi data, sehingga perlu suatu upaya untuk mengintegrasikan secara tepat, menyamakan persepsi dalam pengoperasian komunikasi data Radar.

Pangkohanudnas Marsda TNI J.F.P. Sitompul mengatakan, bahwa sistem yang diterapkan pada pertahanan udara Nasional saat ini mengintegrasikan radar-radar yang terhubung dengan Sektor Operation Center (SOC) yang berada di Kosekhanudnas, dan SOC yang ada di Kosekhanudnas tersebut, terintegrasi dengan beberapa tipe radar yang berbeda, sehingga terjadi perbedaan output data.

Dengan adanya perbedaan output data maka komunikasi data tidak optimal. Adanya suatu penelitian dan pembuatan Protokol Komunikasi Data Radar yang dilaksanakan oleh Dislitbangau, maka Kohanudnas menyambut optimis. Hal ini dikarenakan bahwa sampai saat ini jajaran kohanudnas belum memiliki standarisasi Protokol Komunikasi Data Radar. Dengan adanya Protokol Komunikasi Data Radar yang nantinya akan dikembangkan, maka akan lebih mendukung tugas-tugas Kohanudnas di masa mendatang, lanjutnya.

Baca juga:  Danwingdiktekkal : Adanya tuntutan kesetaraan Pengetahuan Antara TNI dan PNS

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel