Berita

Dislitbangau Berhasil Uji Critikal Item Sistem Radar Thomson TRS-2215D

Dibaca: 50 Oleh 19 Des 2014Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AU (Dislitbangau) berhasil uji dinamis salah satu sistem pada Radar Thomson TRS-2215D berupa Brusher Set For SLipring Unit dan Mechanism Motor Selsyn Azimuth Data Box, di Satuan Radar (Satrad) 216 Cibalingbing, Ujung Genteng Sukabumi. Rabu (17/12). 

Menurut Ketua tim uji dinamis Kolonel Lek. Agus Syamlin Hotami dalam paparanya mengatakan, Brusher Set For Slipring Unit dan Mechanism Motor Selsyn Azimuth Data Box merupakan sebagian dari banyak critical item dalam sistem radar yang saat ini dalam status obsolete atau tidak diproduksi lagi oleh produsen. Adapun fungsi dari masing-masing komponen tersebut adalah sebagai media pengiriman data dari antena ke receiver untuk brusher set for slipring unit dan Mechanism Motor Selsyn Azimuth Data Box berfungsi untuk menghasilkan putaran antena sebesar 6 rpm. 

Brusher Set For Slipring Unit dan Mechanism Motor Selsyn Azimuth Data Box sudah tidak diproduksi lagi oleh produsennya, menyebabkan penurunan kemampuan operasional radar yang sudah beroperasi lebih dari 30 tahun. 

Baca juga:  POMAU LANUD ABD APEL EMBUN

Guna mengatasi kondisi tersebut Dislitbangau melaksanakan Reverse Engineering Brusher Set Slipring Unit dan Mechanism Motor Selsyn Azimuth Data Box tanpa mengubah bentuk asli dan fungsinya, hanya sedikit penyesuaian pada Brushless Resolver sehingga Brushless Resolver yang digunakan saat ini sudah sesuai dengan spesifikasi teknik komponen bawaan yang diganti. 

Dengan dapat dibuatnya dan tersedianya spare part Brusher Set For Slipring Unit dan Mechanism Motor Selsyn Azimuth Data Box buatan dalam negeri, akan mengurangi ketergantungan dengan negara produsen sehingga dapat meningkatkan kesiapan operasional satuan radar TNI AU, ujarnya. 

Uji kedua komponen baik Brusher Set For Slipring Unit dan Mechanism Motor Selsyn Azimuth Data Box telah dilakukan instalasi pada antena radar Thomson TRS-2215D sejak beberapa hari yang lalu, Hal tersebut ditujukan untuk melihat kemampuan operasional kedua komponen tersebut dan daya tahannya selama operasional radar. 

Uji dinamis tersebut dengan melakukan pengamatan hasil tangkapan pada console radar di cabin guna untuk mengetahui kualitas prototipe Brusher Set For Slipring Unit dalam menghantarkan data dari antena ke receiver dan Mechanism Motor Selsyn Azimuth Data Box dalam menghasilkan putaran antena sebesar 6 rpm.

Baca juga:  PEMBUKAAN LATSITARDANUS XXXIII/2012 DI NTB

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel