Berita

Display Drumband Karbol AAU Meriahkan Bumi Antasari Banjarmasin

Dibaca: 4 Oleh 20 Sep 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Berdiri tegak dengan seragam lengkap, sekitar kurang lebih 200 Personel Taruna/Karbol Tingkat IV AAU beserta rombongan tiba di Lanud Sjamsudin Noor dan menyita perhatian warga masyarakat Banjarbaru, Sabtu (18/9) kemarin. Karbol AAU memilih Banjarmasin, sebagai tempat untuk melakukan sosialisasi dan promosi kepada para pemuda untuk menumbuhkan minat dan kecintaan kepada Akademi Angkatan Udara khususnya TNI Angkatan Udara.

Sebelum menampilkan Display Drumband, Rombongan Karbol AAU sekitar 15 orang dari 200  orang Karbol AAU terlebih dahulu mengunjungi sekolah-sekolah SMA unggulan yaitu SMA Negeri 1 dan 2 Banjarmasin serta SMA Negeri 2 Banjarbaru untuk memperkenalkan AAU.    

Suasana segera semarak ketika Pasukan Drumband Gita Dirgantara bersiap. Beberapa diantara para karbol mengenakan pakaian khas pilot pesawat tempur. Mayoretnya dua orang Taruna melakukan aksi-aksi mengesankan dengan melempar tongkat. Masyarakat Banjarbaru mendapat tontonan gratis nan mengesankan dari para ratusan Karbol AAU yang melangkah selaras dengan membentuk Display Drumband mulai dari Lapangan Unlam Simpang Empat Banjarbaru lalu jalan parade sepanjang jalan A.Yani sambil terus memainkan alat musiknya menuju Lapangan Murdjani Banjarbaru, berbagai macam formasi serta berbagai gerakan-gerakan sulit yang enerjik. Bahkan diiringi dengan lemparan-lemparan tongkat hingga drum yang sangat memukau warga yang sedang melintas di jalan A.Yani tersebut.

Baca juga:  SEMARAKKAN HUT KE-68 RI, WARGA LANUD IWJ ADAKAN LOMBA OLAH RAGA

Acara ini sempat dikhawatirkan terganggu. Pasalnya awan mendung menggelayut di atas langit Banjarbaru. Walhasil acara yang tadinya direncanakan akan dimulai pukul 13.00 Wita tertunda hingga pukul 14.00 Wita. Langit yang berubah cerah membuat masyarakat kembali memadati beberapa ruas jalan untuk menonton langsung atraksi langka ini.

Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Sru A. Andreas mengatakan para karbol ini adalah Taruna Tingkat Empat dan  merupakan rangkaian latihan Cakra Wahana Paksa 2010. “Kita menyiapkan mereka menjadi pilot,” ujarnya.

 Sebelum ke Banjarbaru para Karbol AAU beserta rombongan telah mengadakan kegiatan yang sama di Manado dan Kendari. “Itu untuk melatih mereka bernavigasi,” imbuhnya. Acara ini sendiri pertama kali diadakan di Banjarbaru. 

Ia mengatakan kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan motivasi bagi para pemuda di Kalsel untuk masuk menjadi Taruna TNI Angkatan Udara. Hal inipun menjadi sebuah pengalaman tersendiri bagi para personel AAU, khususnya memperkenalkan Karbol AAU kepada masyarakat, agar minat masyarakat dan putra-putra daerah semakin tinggi untuk ikut bergabung menjadi Karbol AAU.

Baca juga:  ZIARAH HARI BAKTI TNI AU dan HUT WARA

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Banjarbaru Ruzaidin Noor, Danlanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Singgih Hadi, GM Angkasa Pura Gerith Mailezun serta jajaran Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarbaru. Atraksi berlangsung 20 menit dan setelah selesai rombongan langsung pulang ke Lanud Adi Sutjipto Jogjakarta sore kemarin menggunakan dua buah pesawat Hercules.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel