Berita

Dispsiau Melaksanakan Pelatihan Pengenalan Potensi Manajerial Perwira Siswa SEKKAU Angkatan KE-99 TP 2016

Dibaca: 2 Oleh 04 Feb 2016Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Sebanyak 75 orang perwira siswa Sekkau angkatan ke-99 TP 2016, melaksanakan pelatihan P2M pada hari Selasa, 2 Februari 2016. Pelatihan ini dipandu oleh Tim dari Dispsiau dalam bentuk pelatihan indoor. Acara diawali dengan pembukaan oleh Kasubdispsidik Dispsiau, Letkol Kes Dra. Sri Hastuti H., M.Si, yang menyampaikan tujuan pelatihan adalah sebagai upaya pembekalan aspek psikologis dalam bidang menajerial untuk calon pimpinan pada tingkat manajer madya berpangkat Kapten Senior dan Mayor.

Sedangkan sasaran yang hendak dicapai adalah agar perwira siswa memiliki wawasan dan pemahaman diri akan potensi manajerial yang dimiliki untuk dapat dikembangkan di kesatuannya masing-masing. Disampaikan pula bahwa untuk menjadi seorang pemimpin pertama-tama harus terlebih dahulu mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri, orang lain dan memiliki konsep dasar kepemimpinan.

Pelatihan ini menggunakan metode andragogi, yaitu belajar secara orang dewasa, yang berarti seseorang mengalami pembelajaran melalui pengalaman atau terlibat langsung dalam situasi simulasi atau permainan. Pelatihan ini memberikan penekanan pada aspek motivasi, kerjasama, komunikasi dan gaya kepemimpinan situasional, yang di setiap sesinya peserta diminta untuk mengisi lembar kerja berupa kelebihan, kelemahan, hal-hal yang menjadi hambatan, hal-hal yang mendukung.

Baca juga:  Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama

Lembar kerja ini diakhiri dengan pembuatan rencana tindakan (Action Plan) yang akan diterapkan di satuan masing-masing. Secara singkat dijelaskan bahwa motivasi adalah daya penggerak untuk mewujudkan upaya dan ketekunan seseorang guna mencapai tujuan. Sedangkan kerja sama dan komunikasi merupakan sarana untuk mencapai satu tujuan bersama. Kepemimpinan adalah proses memengaruhi orang lain guna mewujudkan pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Seluruh rangkaian kegiatan pelatihan diakhiri dengan pembahasan (review) yang disampaikan oleh Kasubdispsidik Dispsiau. Dalam review ini Kasubdispsidik menyatakan penghargaan dan rasa bangga kepada seluruh peserta atas kerjasama dan semangat tinggi yang ditunjukkan selama kegiatan. Beliau mengingatkan bahwa pada dasarnya yang paling penting adalah kemampuan untuk mengambil intisari dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan.

Dengan harapan para perwira siswa memiliki semangat dan motivasi yang sama pada saat bekerja di satuan nantinya, dan dari aspek kepemimpinan, agar para Pasis semakin mampu untuk lebih efektif dalam mengendalikan kelompok, serta belajar untuk menerapkan tipe kepemimpinan situasional sebagaimana yang telah dipelajari bersama. Seluruh peserta juga melakukan pengisian umpan balik sebagai bahan masukan dan evaluasi terhadap seluruh kegiatan pelatihan ini, agar dapat tercapai pelaksanaan pelatihan yang lebih baik di masa mendatang.

Baca juga:  Dankoharmatau: Petugas Mampu Bertindak Cepat Pembuatan Laporan

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel