Berita

Dissurpotrudau dan Unsurya Bahas Drone Untuk Pemetaan

Dibaca: 13 Oleh 25 Agu 2015Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Kadissurpotrudau, Marsma TNI A. Adang Supriyadi, SE., MM. mengundang Wakil Rektor I (Warek I) Bidang Akademik Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) Jakarta, Dr. Erwansyah dan tim dosen untuk mendiskusikan pembuatan drone yang dapat diaplikasikan  dalam survei pemetaan dan kepentingan militer lainnya di Dissurpotrudau (24/8).  Kadissurpotrudau mengharapkan pertemuan ini sebagai langkah awal dalam  perancangan drone sebagai alternatif wahana pemotretan udara dan pembahasan lebih detail akan dilanjutkan pada rapat koordinasi teknis.  

Pada kesempatan tersebut, Warek I menyampaikan bahwa Unsurya telah mampu membuat drone dan berkeinginan untuk mengadakan konsorsium dengan universitas, instansi pemerintah maupun swasta. Unsurya sebagai universitas yang memiliki kemampuan dalam bidang inovasi dan pemecahan masalah  (bidang kedirgantaraan mendapat perhatian khusus) ingin menjadi tempat sertifikasi untuk drone. Konsep pemikiran drone ini diawali dari keinginan untuk menghindari resiko korban jiwa, efisiensi biaya dan ground control centre, imbuh Warek I.

Perancangan drone secara teknis harus sesuai dengan standar spesifikasi survei dan pemetaan, sehingga dapat menggantikan keterbatasan jam terbang pesawat Casa C-212 yang selama ini digunakan untuk pemotretan udara. Paling tidak dapat untuk melakukan pemotretan lahan TNI AU dan daerah latihan TNI/TNI AU yang tidak terlalu luas, jelas Kadissurpotrudau. 

Kadissurpotrudau menambahkan terjalinnya hubungan kerjasama yang dilandaskan pada  mutual benefit ini bersifat strategis dan berdampak luas, sehingga harapan saya pengembangan drone ini seluruhnya murni buatan Unsurya tanpa melibatkan instansi lainnya dan juga tidak tergantung dari satelit luar negeri untuk teknologi komunikasinya.

Baca juga:  Secara Daring, Penatris Pasis Seskoau A-57 Resmi Dibuka

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel