Berita

Dissurpotrudau Dukung Pemotretan Udara Untuk Sus JPU Angkatan ke-5

Dibaca: 11 Oleh 16 Jul 2015Tidak ada komentar
Dissurpotrudau Dukung Pemotretan Udara Untuk Sus JPU Angkatan ke-5
#TNIAU 

Sebanyak 15 siswa Kursus Juru Potret Udara (Sus JPU) Angkatan 5 tahun 2015 mengikuti kegiatan latihan taktis pemotretan udara di Lanud Halim Perdanakusuma, belum lama ini. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa mengoperasikan sistem kamera udara digital sehingga dapat merekam obyek di permukaan bumi sesuai mission planning. Kadissurpotrudau Marsma TNI A. Adang Supriyadi, SE., MM. mengharapkan melalui kegiatan ini para siswa mampu dan terampil dalam menguasai sistem kamera udara agar benar-benar dapat menjadi prajurit juru potret udara yang profesional.  Selain itu, dalam rangka menghadapi tugas pemotretan pulau-pulau terdepan dan daerah perbatasan NKRI, calon Juru Potret Udara ini telah siap untuk penugasan, lanjut Kadissurpotrudau.

Pemotretan udara dilakukan dengan menggunakan pesawat Casa 212 A-2103 dari ketinggian terbang 5000 feet dan 2500 feet.  Metode pemotretan dilakukan secara vertikal maupun condong (oblique). Pada pemotretan vertikal digunakan kamera udara medium format Leica RCD 30, sedangkan untuk pemotretan condong menggunakan kamera Nikon D3X.

Kadissurpotrudau menjelaskan hasil dari pemotretan udara vertikal sampai dengan saat ini masih dalam proses pengolahan, mengingat dalam pengerjaannya memerlukan prosedur dan tahapan fotogrametri yang cukup rumit. Foto udaranya nanti memiliki akurasi dan presisi yang tinggi dalam menunjukkan posisi dan lokasi koordinat lintang dan bujur serta memiliki foto obyek terkecil berukuran 18 cm yang direpresentasikan dalam satu piksel (ground sampling distance 18 cm).

Baca juga:  Danwingdikum : Kita Ada Untuk Sesama

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel