Berita

Dissurpotrudau Menerima Data Citra Satelit Resolusi Tinggi Dari Lapan

Dibaca: 44 Oleh 27 Jan 2021Januari 29th, 2021Tidak ada komentar
Dissurpotrudau Menerima Data Citra Satelit Resolusi Tinggi Dari Lapan
#TNIAU 

TNI AU. Kebutuhan akan informasi geospasial semakin meningkat seiring dengan perubahan tata guna lahan yang cepat untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Indonesia sebagai negara tropis mengalami perubahan tata lahan yang cepat akibat pengaruh alam maupun buatan manusia, dapat dipantau menggunakan teknologi Penginderaan Jauh melalui wahana pesawat maupun satelit. Salah satu data hasil rekaman wahana satelit yang dapat digunakan untuk memantau dan menyajikan informasi geospasial adalah Citra Satelit Resolusi Tinggi (CSRT). CSRT pada umumnya digunakan untuk  kebutuhan perencanaan tata ruang, penelitian, pemetaan, perkebunan, pertanian, pertahanan dan keamanan, serta monitoring tata guna lahan.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bertugas sebagai instansi penyedia data citra satelit berdasarkan  Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, yang diatur pelaksanaannya secara teknis melalui Perpres Nomor 45 Tahun 2017 tentang rencana induk penyelenggaraan keantariksaan tahun 2016-2040,  dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2018 tentang tata cara penyelenggaraan kegiatan penginderaan jauh. Untuk melaksanakan tugas tersebut LAPAN menyelengarakan RAKORNAS Penginderaan Jauh Tahun  2021  secara daring, pada hari Rabu (27/01/2021) dengan tema “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Satelit Penginderaan Jauh Untuk Perencanaan Kota, Pemantauan Hutan dan Kebencanaan”.

Baca juga:  Kliping Berita Media 08 November 2019

Acara yang dilakukan secara daring dan diikuti oleh berbagai Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, dan Pemrov/Pemda, diawali dengan sambutan oleh Kepala LAPAN Prof.Dr.Thomas Djamaluddin. M.Sc. Dalam sambutannya ditegaskan melalui RAKORNAS Penginderaan Jauh tersebut, diharapkan dapat mempererat dan memperluas kerja sama LAPAN dan stakeholder melalui identifikasi kebutuhan dan distribusi data serta informasi geospasial. Lebih lanjut disampaikan bahwa salah satu upaya yang telah dilakukan LAPAN yaitu pengembangan platform Sistem Penyajian Data Penginderaan Jauh yang Cepat, Mudah, Aman dan Populer (SPACeMAP) yang bermanfaat untuk mempercepat proses  akses data dan informasi penginderaan jauh. Selain itu tampil sebagai Keynote Speaker adalah Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, PH.D selaku Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, yang menekankan agar LAPAN mengembangkan sistem pemantauan bumi nasional melalui pemanfaatan dan penyimpanan data citra satelit.

Acara pokok dari kegiatan tersebut adalah penyerahan secara simbolis virtual data CSRT kepada Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI serta Pemprov/Pemda. Kadissurpotrudau Marsma TNI I Made Susila A., S.IP., S.H didampingi para pejabat Staf mengikuti kegiatan Rakornas tersebut dikarenakan Dissurpotrudau merupakan salah satu Kementerian/Lembaga yang menerima data citra satelit resolusi tinggi  (CSRT) tersebut. Hal ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Kadissurpotrudau ke LAPAN beberapa waktu yang lalu (Maret 2020). Dalam Rakornas tersebut dilaksanakan juga penganugerahan “Indriya Mandrawa” kepada beberapa pengguna data CSRT.

Baca juga:  Wing III Paskhas Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel