Berita

DISSURPOTRUDAU SIAP DISTRIBUSIKAN ECI EDISI JULI 2009

Dibaca: 20 Oleh 14 Mei 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Peta Rute Penerbangan Indonesia yang lebih dikenal dengan nama Enroute Chart Indonesia/ECI skala 1 : 3.000.000 merupakan panduan untuk membantu kelancaran dan keselamatan penerbangan di seluruh wilayah tanah air. Kadissurpotrudau, Marsma TNI Drs. Paulus D. Harsoyo menjelaskan ECI selama ini digunakan oleh satuan-satuan penerbangan di jajaran TNI Angkatan Udara, bahkan juga oleh satuan-satuan penerbangan militer dan sipil lainnya.

 

“Peta ini diperbaharui setiap enam bulan sekali, mengingat dalam periode itu biasanya banyak terjadi perubahan data-data maupun informasi yang diperlukan untuk kegiatan penerbangan. Oleh karena itu hasil pembaharuan peta tersebut diterbitkan setiap bulan Juli dan Desember” , jelas Marsma TNI Drs Paulus D Harsoyo.

 

Data dan informasi yang perlu diperbaharui dalam peta edisi lama diakibatkan adanya ketidakcocokan dengan kondisi di lapangan. Untuk itu diperlukan pembaharuan data yang up to date sehingga pengguna benar-benar meyakini kebenaran peta sebagai panduan dalam penerbangan.

 

Proses pembuatan/pembaharuan ECI edisi Juli 2009 dimulai dengan pengumpulan data yang terdiri atas data supplement dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, data Notam dari Departemen Perhubungan RI, dan informasi dari ECI buatan Dinas Perhubungan Udara, ECI buatan Jeppesen, ECI buatan Traverra, ECI buatan Pelita Air Service, ECI buatan Garuda Indonesia, serta data meteorologi Indonesia.

Baca juga:  Maulid Dan Pengajian Bersama Warga Besar Lanud Sim Pada Malam Pergantian Tahun

 

Selanjutnya setelah semua data terkumpul akan dipilah-pilah dan diproses sedemikian rupa menggunakan software pemetaan yang berbasis vektor GIS (Geography Information System) hingga menghasilkan ECI terbaru yang siap digunakan oleh para pengguna peta. ***Dissurpotrudau

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel