TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

DKI JAKARTA JUARA I KEJURNAS TERBANG LAYANG DI LANUD SURYADARMA

By 18 Oct 2010Berita
Exercise Pitch Black 2012

Kontingen atlit olah raga dirgantara terbang layang dari Propinsi DKI Jakarta, akhirnya tampil sebagai juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) terbang layang tahun 2010 di Pusat Pendidikan Terbang Layang Lanud Suryadarma, Subang, Jawa Barat. Kontingen DKI Jakarta berhasil meraih 13 medali emas, 6 perak dan 2 Perunggu, jauh mengungguli 11 propinsi peserta Kejurnas lainnya. Demikian antara lain laporan Letnan Kolonel Adm Prasetyo Herminto, SI.P., yang mewakili tim wasit pada penutupan Kejurnas Terbang Layang di Aula Sekbang, Lanud Suryadarma, Sabtu (16/10). 

Sementara itu ketua panitia pelaksana Letnan Kolonel Pnb Mohammad Syafii dalam laporannya menyebutkan Kejurnas berjalan lancar, bahkan tempo pertandingan dapat dipercepat tiga hari, yang seharusnya selesai 19 Oktober menjadi 16 Oktober. Ditambahkan dalam kejurnas yang memperebutkan 25 medali tersebut dapat mengukur kualitas kemampuan 71 atlet terbang layang yang berasal dari kontingen-kontingen peserta dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DI Yogyakarta, Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bali, Kalimantan Timur dan Papua. Oleh karena itu para atlet secara umum layak mengikuti Pekan Olah raga Nasional (PON) 2012 di Riau.

Kondisi tersebut diapresiasi pula oleh Kepala Persatuan Olah Raga Dirgantara (Kapordirga) Terbang Layang, Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Marsekal Muda TNI (Purn) Prasetya S.IP., dalam sambutannya setelah penyerahan medali kepada para pemenang, sebelum menutup kejurnas. “Bagi atlet yang telah menorehkan kemenangan agar terus menjaga dan mengembangkan prestasi sehingga dalam PON 2012 tetap dapat memiliki kesiapan, bahkan lebih baik dari saat ini,” ujar Kapordirga Terla. Sehingga dari tiga nomor utama yang dilombakan yaitu duration flight, precision landing dan out and return semua peserta dapat bertanding dengan sportif.

Sebelum kejurnas ditutupt dimeriahkan pula oleh joy flight atau terbang gembira bagi undangan yaitu para pejabat Muspida di Subang dan Purwakarta seperti Bupati Subang Drs Eep Hidayat Msi., Ketua DPRD Subang, Wakapolres Subang, perwakilan Polres Purwakarta, juga beberapa pengurus PIA Ardhya Garini Lanud Suryadarma dan pejabat KONI daerah yang hadir. Setelah para peserta joy flight merasakan terbang di udara dengan glider yang ditarik Pesawat Gelatik PZL mereka menerima penyematan wing terbang layang di dada sebelah kiri dari Kepala Pusat Pendidikan Terbang Layang Kol Pnb Irwan Is. Dunggio S.Sos. yang merupakan juga Komandan Lanud Suryadarma.

Hasil perolehan medali propinsi lainnya sebagai berikut Jawa Timur 7 emas, 3 perak dan 4 perunggu, Jawa Barat 2 emas, 8 perak, 1 perunggu, DI Yogyakarta 2 emas, 5 perak dan 3 perunggu, Jawa Tengah 1 emas, 2 perak, 4 perunggu, Sumatera Selatan 1 emas, 1 perak dan 4 perunggu, Banten 1 emas dan 1 perunggu, Riau 1 emas, Papua 1 perak dan 4 perunggu, Kalimantan Timur 1 perak dan 1 perunggu, Bali 1 perunggu dan Bangka Belitung 1 perunggu.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

DKI JAKARTA JUARA I KEJURNAS TERBANG LAYANG DI LANUD SURYADARMA