BeritaFoto

Dog Fight F-16 Dengan T-50i Awali Pelaksanaan Manuver Lapangan Latihan Sikatan Daya 2020.

Dibaca: 72 Oleh 30 Sep 2020Tidak ada komentar
Dog Fight F-16 Dengan T-50i Awali Pelaksanaan Manuver Lapangan Latihan Sikatan Daya 2020.
#TNIAU 

TNI AU. Pertempuran udara jarak dekat atau “Dog Fight” Pesawat Tempur F-16 Skadron Udara 3 dengan pesawat tempur T-50i Skadron Udara 15, Lanud Iswahjudi mengawali pelaksanaan  Manuver Lapangan Latihan Sikatan Daya 2020 yang berlangsung di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (29/9/2020).

Dog Fight ini merupakan salah satu dari pelaksanaan Operasi Udara Lawan Udara yang diperankan oleh 2 pesawat F-16 dengan callsign “Dragon Flight” sebagai Offensive Counter Air dan 2 pesawat T-50i dengan callsign “Archer Flight” yang berperan sebagai pesawat musuh atau Defensive Counter Air.

Pada “Dog Fight” ini, diskenariokan dua pesawat F-16 mendapat ancaman dari dua pesawat T-50i yang berada dibelakangnya dan pada posisi “Lock on” yang sewaktu-waktu dapat menembak kedua pesawat F-16.

Pada posisi terancam tersebut, dua pesawat F-16 berusaha meloloskan diri dari ancaman rudal pesawat musuh dengan mengeluarkan Flares dan melakukan Maneuver High-G Barrel. Dengan Hi-G Turn, yaitu berbelok dengan gaya G yang besar, pesawat F-16 berputar kearah atas dan dengan mudah membalik keadaan, pesawat musuh berbalik terancam oleh pesawat F-16. Setelah mampu mengunci pesawat musuh, pesawat F-16 meluncurkan rudal yang dibawanya atau Short Range Air to Air Missile AIM 9 dan berhasil menghancurkan pesawat musuh.

Baca juga:  CLUB SEPEDA LANUD BALIKPAPAN IKUTI FUN BIKE HUT LANAL

Aksi Dog Fight yang disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara dan sejumlah pejabat utama di jajaran TNI Angkatan Udara tersebut mendapat sambutan meriah dari seluruh penonton.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel