Berita

Doktrin Swa Bhuwana Paksa sebagai Pedoman Prajurit TNI AU

Dibaca: 4 Oleh 21 Sep 2021Tidak ada komentar
IMG 20210920 WA0041 1
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Wing Pendidikan Umum Kolonel Sus Peni Saptaning Putri, S.H., M.H., menyampaikan dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi Doktrin Swa Bhuwana Paksa  bahwa Doktrin tersebut agar dimengerti dan dipahami sehingga dapat mengakar kuat dalam jiwa para prajurit TNI Angkatan Udara. Sosialisasi dilaksanakan pada  Senin (20/9/2021) di Skadik 503, Bogor, Jawa barat, dengan diikuti oleh para Kadis Wingdikum, para Danskadik, para Perwira, Bintara, dan Tamtama.

Lebih lanjut, Doktrin ini sebagai merupakan pedoman dan sumber inspirasi untuk membangkitkan semangat, motivasi juang dan moralitas kinerja prajurit TNI Angkatan Udara yang professional, jelasnya.

Kepada seluruh peserta sosialisasi, manfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, perhatikan dengan seksama mengenai materi yang disampaikan oleh tim sosialisasi pada hari ini, harapnya.

Kegiatan ini juga dilaksanakan secara terbatas, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 varian baru yang semakin meningkat. Meskipun di sebagian wilayah sudah mulai menurun penyebarannya. Namun dibutuhkan kesadaran kita semua, untuk tetap mematuhi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan adalah kunci, untuk menekan penyebaran Covid-19, tambahnya.

Sedangkan, Paban I Bindok/Ditdok Kodiklatau Kolonel Pnb Hitoris Bu’ulolo, S.H., mengatakan seperti kita ketahui bersama bahwa TNI maupun Angkatan dalam melaksanakan peran, fungsi dan tugasnya, pada dasarnya selain membutuhkan doktrin juga membutuhkan perangkat dokumen lainnya yaitu petunjuk, doktrin dan petunjuk memuat tentang ketentuan-ketentuan yang menjadi tuntutan dalam tata cara, urutan kegiatan dan prosedur dalam melaksanakan suatu rangkaian kegiatan, baik kegiatan operasi militer dalam konteks penggunaan kekuatan juga melalui fungsi organik dalam konteks pembinaan kekuatan, paparnya.

Sasaran yang dicapai dari sosialisasi diantaranya tercapainya pemahaman yang sama bagi satuan terkait doktrin, tentang format dan isi satuan doktrin dan petunjuk yang akan disusun, direvisi maupun dioperasionalkan oleh satuan pengguna dilingkungan TNI Angkatan Udara, terangnya.

Selanjutnya, terwujudnya keseragaman doktrin dan petunjuk yang lebih praktis dan mudah di pahami serta tercapainya validitas dan ketertiban sistem dokumentasi doktrin dilingkungan TNI Angkatan Udara, tutupnya.

Baca juga:  Lanud H. AS Hanandjoeddin Komitmen Tingkatkan Vaksinasi Kepada Masyarakat Belitung

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel