Berita

DONOR DARAH DALAM RANGKA HUT KE-64 TNI AU

Dibaca: 2 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Berbagai ragam kegiatan dilaksanakan guna memperingati HUT ke-64 TNI Angkatan Udara di wilayah Bakorda Bandung salah satunya adalah donor darah yang mengawali rangkaian kegiatan selanjutnya, yang dilaksanakan di Graha Antariksa, belum lama ini.

 

Komandan Komando Pemeliharaan dan Materiil TNI AU (Koharmatau), Marsekal Muda TNI Ferdinand AM., berkenan menyumbangkan darahnya untuk diawali dengan pemeriksaan tekanan darah dan pengecekan golongan darah serta HB. Selanjutnya diikuti oleh para pejabat Bakorda Bandung, para personel serta ibu-ibu yang tergabung dalam PIA Ardhya Garini.

 

Acara yang dimulai pukul 08.45 WIB ini menurut koordinator acara Kapten Kes Welly dari satuan Perawatan Umum (Watum), ditargetkan kurang lebih 300 pendonor yang diharapkan dapat terkumpul. Pada kesempatan ini TNI AU bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Kota Bandung yang diketuai oleh Dr. Yani Nurani serta dibantu tenaga medis yang terdiri dari dua orang dokter dan lima belas orang perawat.

 

Dr. Yani Nurani menyatakan bahwa kerjasama donor darah dengan TNI AU telah sering dilaksanakan biasanya memang dikaitkan dengan kegiatan besar di TNI AU, “Untuk kedepannya kami berharap agar ada kesinambungan pendonor dari TNI AU sehingga menjadi semacam rutinitas yang diharapkan berlangsung tiga bulan sekali, sehingga ketersediaan darah di PMI dapat terjamin dan bagi pendonor salah satunya adalah terjaganya kesehatan yang bersangkutan”. Yani juga menyatakan bahwa PMI Kota Bandung akan selalu melayani permintaan dari berbagai instansi negeri maupun swasta untuk datang ke tempat, dengan ketentuan anggota yang akan menyumbangkan darahnya sekitar 40-50 orang.

Baca juga:  Upacara Peringatan HUT TNI AU ke-74 di Lanud Rsa Digelar Sederhana

 

Sekitar pukul 12.30 WIB labu darah yang terkumpul mencapai 227 labu dari berbagai golongan darah, pendonor sebenarnya lebih dari 250 orang tetapi banyak juga yang “tereliminasi” dengan berbagai sebab seperti HB rendah di bawah 12, tensi rendah atau tinggi, kurang tidur, berat badan kurang dan belum genap 2 ½ bulan dari pengambilan darah terakhir.

 

Para pejabat yang hadir selain Dankoharmatau antara lain, Wadan Koharmatau Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ir. H. M.A. Syahbudiono, M.Sc., Kadislitbangau MarsmaTNI Basuki Purwanto, Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Penerbang Iman Sudrajat, Ketua PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung Ibu Ferdinand AM., didampingi para pengurus, serta perwakilan dari seluruh kesatuan yang berada di wilayah Bakorda Bandung.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel