Berita

Donor Darah Dalam Rangka HUT TNI AU ke-65

Dibaca: 10 Oleh 13 Apr 2011Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Lima puluh lima personel, dari anggota Lanud Jayapura dan anggota PIA Ardhya Garini Cab.15/D.II Lanud Jayapura menyumbangkan darahnya dalam rangka HUT TNI Angkatan Udara Ke-65 di klinik Lanud Jayapura, Selasa (12/4).

Setetes darah adalah jiwa bagi pasien yang sedang kekurangan darah, tapi bisa jadi berujung buruk ketika darah yang diberikan kepadanya ternyata bukan darah dalam kondisi sehat. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan donor darah, pendonor harus melaksanakan beberapa tes mulai dari tekanan darah, Haemoglobin, hingga penyakit-penyakit yang penularannya melalui darah. Hal ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa darah yang didonorkan dalam keadaan sehat, dan pendonor juga dalam keadaan sehat dan mampu untuk mendonorkan darahnya.

Menurut Lettu Kes dr Roby Erwido S, Kepala Kesehatan Lanud Jayapura manfaat donor darah bagi pendonor, karena dalam tubuh kita sistem otomatik yang setiap saat sel-sel darah baru dibentuk dan sel-sel darah rusak dimusnahkan oleh tubuh, oleh sebab itu jika darah kita diambil/didonorkan secara otomatis susunan saraf pusat akan memerintahkan sumsum tulang belakang untuk membentuk sel darah baru untuk memenuhi kebutuhan tubuh secara keseluruhan. Sel-sel darah baru inilah yang akan berfungsi lebih baik bagi metabolisme tubuh.

Baca juga:  PERSONEL LANUD NGURAH RAI BELAJAR MEMBACA AL QURAN

Manfaat lain adalah pendonor akan tahu apabila dalam dirinya terdapat penyakit yang dideritanya, karena setiap darah yang didonorkan akan selalu diperiksa terhadap IMLTD (Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah) oleh laboratoruim PMI terhadap penyakit HIV/AIDS, hepatitis B dan C, Sifilis (Tripomena), ujarnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel