TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Donor Darah di Kosekhanudnas II Makassar

17-7-2018_Donor_Darah_IKKT
TNI AU. Dalam rangka memperingati HUT ke-52 Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI Pragati Wira Anggini (IKKT PWA) Tahun 2018, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang 03 Kosekhanudnas II  Ny. Wiwiek Andi Heru Wahyudi menggelar kegiatan bhakti sosial kesehatan berupa donor darah yang diikuti oleh personel Kosekhanudnas II dan pengurus IKKT Pragati Wira Anggini Cabang 03 Kosekhanudnas II. Kegiatan ini bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Makassar, bertempat di Gedung Loly Wardiman Kosekhanudnas II, Selasa (17/7).
Sesuai prosedur setiap calon pendonor, sebelum diambil darahnya sekitar 250-300 mililiter harus registrasi, pemeriksaan pendahuluan,  tes kesehatan, pengambilan darah serta pemberian kartu dan snak.  Animo pendonor cukup besar, namun setelah di cek kesehatan oleh dokter PMI meliputi hemoglobin dan tensi, ada yang tidak memenuhi persyaratan. “Bagi calon pendonor yang hemoglobin rendah dan tensinya terlalu tinggi/rendah juga tidak bisa diambil darahnya.  Demikian juga pengkomsumsi obat rutin, kurang sehat atau baru di ambil darahnya beberapa minggu sebelumnya tidak boleh donor”,

Salah satu manfaat donor darah yaitu dapat merangsang terjadinya proses peremajaan sel-sel darah. Setelah mendonorkan darah hal ini justru baik, karena akan merangsang produksi sel-sel darah baru dan pada giliranya membantu dalam menjaga kesehatan yang baik. Artinya darah anda akan segera tergantikan oleh darah baru yang tentunya lebih baik.

Donor Darah di Kosekhanudnas II Makassar