Berita

Donor Darah Personel AAU Awali Rangkaian Kegiatan Hut Persandian RI Ke 70 Di Yogyakarta

Dibaca: 12 Oleh 10 Mar 2016Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Persandian Republik Indonesia tanggal 4 April 2016 mendatang genap berusia 70 tahun. Kegiatan Donor darah yang dilaksanakan di Museum Sandi Kota Baru Yogyakarta mengawali rangkaian kegiatan HUT Ke 70 Persandian RI tersebut. Acara dipimpin oleh Kepala Biro Umum Humas dan Pelayanan Pemda DIY Bapak Hariyanta. Peserta donor darah terdiri dari personel Angkatan Udara (PNS dan Militer) yang berdinas di DIY, Lanal, Korem, Polda DIY dan Pemda DIY. Disamping mengadakan donor darah, panitia juga menjadwalkan acara lain diantaranya sarasehan dengan para veteran, anjangsana ke para pejuang sandi, bakti sosial dan penanaman mangrove.

Sekilas tentang sejarah persandian di Indonesia. Kegiatan persandian dalam pemerintahan telah berlangsung sejak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Melalui perintah lisan Menteri Pertahanan tentang perlunya organisasi pelaksana fungsi persandian, maka dibentuk “Dinas Kode” Kementerian Pertahanan pada tanggal 4 April 1946, yang kemudian melembaga menjadi “Djawatan Sandi” dengan Surat Keputusan Menteri Pertahanan nomor 11/MP/1949 pada tanggal 2 September 1949. Dalam konteks lintasan sejarah inilah, tanggal 4 April ditetapkan sebagai Hari Persandian Republik Indonesia. Lembaga Sandi Negara sudah mengalami 6 masa kepemimpinan, dimulai dari Mayor Jenderal TNI Dr. Roebiono Kertopati dari tahun 1946-1984, hingga saat ini dipimpin oleh Mayor Jenderal TNI Dr. Djoko Setiadi, M.Si.

Baca juga:  Danlanud Abd Awali Pembangunan Gedung Pastoran

Yogyakarta merupakan satu-satunya kota yang memiliki Museum Sandi, bahkan Museum Sandi ini merupakan museum pertama dan satu-satunya di dunia yang mengkoleksi benda-benda dan peralatan untuk mengirimkan pesan rahasia. Di museum ini terekam sejarah persandian di Indonesia dan dunia. Museum Sandi terletak di Jalan Faridan Muridan Noto No. 21 Kota Baru Yogyakarta. Museum Sandi Yogyakarta berdiri atas kerjasama antara Lembaga Sandi Negara dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, untuk melestarikan nilai sejarah persandian sebagai bagian integral perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia

 

.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel