Berita

Donor Darah Sambut Hari TNI AU ke-75 di Lanud Had

Dibaca: 12 Oleh 06 Apr 2021April 10th, 2021Tidak ada komentar
Donor Darah Sambut Hari TNI AU Ke-75 di Lanud Had
#TNIAU 

TNI AU.  Dalam rangka menyambut hari TNI Angkatan Udara ke-75, Lanud Harry Hadisoemantri (Had) menggelar kegiatan donor darah yang dilaksanakan di balai prajurit Danu Setiawan Lanud Had. Senin, (5/4/2021) dibuka langsung oleh komandan Lanud Had Letkol Pnb Firmandes Pasaribu, S.T., M.Han.

Dalam sambutannya Danlanud Had mengatakan “Stok darah di PMI khususnya di Singkawang dan Bengkayang Kalbar pada saat ini mengalami kelangkaan pendonor di masa pandemi Covid-19, untuk meringankan beban masyarakat yang membutuhkan darah, TNI AU bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bengkayang melaksanakan. Kegiatan donor darah sebagai wujud kepedulian TNI Angkatan Udara merespon kekurangan stok darah di PMI, sehingga darah yang kita donorkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah,” jelas Danlanud Had.

Donor darah tersebut diikuti oleh 61 Orang peserta dari Forkopimda Kab. Bengkayang, TNI/Polri, PIA Ardhya Garini Cab.18 Lanud Harry Hadisoemantri, dan tokoh masyarakat setempat, dari 61 peserta donor, PMI menyatakan 10 Orang tidak dapat mendonorkan darahnya karena mengalami kendala medis (Darah tinggi, Darah rendah, dan minum obat) akhirnya terlaksana 51 Orang pendonor.

Baca juga:  KEMBALINYA TIM STAFF PERANCANG LATIHAN PUNCAK ANGKASA YUDHA

Menurut Pak Suwadji Kepala PMI kota Singkawang, “Dalam sehari dibutuhkan 200 kantong darah untuk ketersediaan di wilayah Kalbar sedangkan dimasa pandemi saat ini hanya mampu memenuhi 50 sampai 70 kantong darah perhari sehingga dengan adanya even donor darah seperti ini, kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena sangat terbantu dalam memenuhi ketersediaan kantong darah,” ucapnya.

Kemudian, menurutnya bagi seseorang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah 14 hari bisa mendonorkan darah yang tentunya tetap dilengkapi dengan keterangan sehat dari dokter yang berwenang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel