Berita

Donor Darah Wujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Dibaca: 6 Oleh 22 Jul 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Tidak ada manfaat langsung menjadi donor darah. Namun dengan mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, maka tubuh akan terpacu untuk memproduksi sel-sel darah merah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga dengan donor menjadikan tubuh sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah. Demikian sumber dari Unit Transfusi Darah PMI Cabang Kota Yogyakarta menjelaskan.

Mengingat manfaat positif dan dalam rangka peringatan ke-63 Hari Bhakti TNI Angkatan Udara, Panita Peringatan Hari Bhakti di Lanud Adisutjipto Yogyakarta menggelar kegiatan donor darah bertempat di Rumah Sakit TNI AU S. Harjo Lukito Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Rabu (21/7).

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia cabang Yogyakarta, kegiatan donor darah diikuti 100 pendonor. Para pendonor selain merupakan personel Lanud Adisutjipto sendiri, baik militer atau sipil, juga dari Ibu-ibu anggota PIA Ardhya Garini.

Baca juga:  DIALOG INTERAKTIF HUT TNI AU KE 68 DI RRI NTB

Lebih lanjut sumber dari Unit Transfusi Darah PMI Cabang Kota Yogyakarta menuturkan, setiap kali menerima darah dari para pendonor, maka PMI melakukan proses pengolahan darah yang terdiri atas screening atau pemeriksaan darah dan konfirmasi golongan darah. Kemudian dilakukan uji saring darah yang berfungsi mengetahui kesehatan darah, apakah terbebas dari hepatitis B, hepatitis C atau terindikasi penyakit yang lain.

Kepala Rumah Sakit TNI AU S. Harjo Lukito Yogyakarta Kolonel Kes dr. Krismono Irwanto menambahkan manfaat lain dengan mendonorkan darah jika dilakukan secara rutin antara lain membuat jantung bekerja lebih baik, karena darah yang dipompa jantung adalah darah yang bersih. “Untuk kesehatan jantung memang efek yang ditimbulkan tidak langsung namun bertahap. Karena jika darah yang mengalir dalam tubuh adalah darah yang sehat, maka secara otomatis jantung juga akan sehat,” jelasnya.

Sementara itu Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Hadiyan Sumintaatmadja mengatakan kegiatan donor darah ini selain merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan ke-63 Hari Bhakti TNI Angkatan Udara, juga merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Baca juga:  Danlanud Rsn: Karya Bakti sebagai Wujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel