Berita

DOSEN AAU IKUTI PEKERTI DI UNY

Dibaca: 106 Oleh 19 Jun 2012Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Akademi Angkatan Udara kembali mengirimkan 8 orang Dosennya untuk mengikuti pendidikan ketrampilan dasar tehnik Instruksional atau disingkat PEKERTI angkatan ke-6 tahun 2012 yang dibuka oleh Pembantu Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof.Dr. Nurfina Azman SU.,Apt., yang dihadiri Direktur Pendidikan Akademi Angkatan Udara (AAU) Kolonel Pnb Sungkono, Kordostur AAU Kolonel Pnb Sudadi dan Kolonel Pnb Chandra Siahaan dari Direktorat Pendidkan TNI AU di gedung LPPMP UNY Yogyakarta, Selasa (19/6).

Program Peningkatan Keterampilan Teknik Instruksional bagi para dosen ini, diikuti 20 dosen di lingkungan pendidikan TNI AU, terdiri dari 8 dosen dari AAU, 4 dosen Wingdiktekal, 2 Dosen Sekkau, dan 3 Orang dosen dari Wingdikum. Kegiatan yang pada mulanya diperuntukan bagi dosen yunior, namun berdasarkan perkembangan terakhir, minat dari dosen senior untuk mengikuti program ini cukup banyak. Karena pada dasarnya program ini memang tidak menunjukan keberbedaan dosen senior maupun yunior.

AAU memandang perlu bekerjasama dengan stakeholder pendidikan seperti Universitas Negeri Yogyakarta ini mengingat dosen merupakan salah satu komponen yang sangat berperan dalam proses pembelajaran dan secara langsung mempengaruhi peningkatan mutu belajar yang didasari oleh pemahaman transfer of knowledge demikian dikatakan Direktur pendidikan Kolonel Pnb Sungkono saat membacakan sambutan Gubernur AAU pada Upacara pembukaan Program tersebut.

Selanjutnya Gubernur mengingatkan para peserta untuk selalu fokus dan konsisten dengan tugas maupun tanggung jawab sebagai pendidik yang punya kedudukan sebagai leading sector atau ujung tombak dalam pelaksanaan transformasi Iptek dan berbagai sistem nilai kepada para karbol, sehingga dengan demikian para pendidik mengemban tugas yang amat terhormat. Tegasnya.

Sedangkan Prof. Nurfina dalam sambutan pembukaan mengatakan UNY selama ini berusaha keras untuk ikut serta membangun dan memajukan pendidikan di Indonesia. Tugas ini, tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri dan harus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas secara menyeluruh. Karenanya, ia berterimakasih kepada AAU yang telah bekerja sama dengan UNY baik melalui pelatihan PEKERTI yang saat ini berjalan dengan baik, maupun pelatihan Guru 3T UNY pada tahun lalu.

Materi yang diberikan dalam program yang akan berlangsung dari tanggal 19 Juni sampai dengan 17 Juli 2012 ini, antara lain ; (1) Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi; (2) Paradigma Teori Belajar dan Motivasi; (3) Dasar-Dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar; (4) Desain Instruksional; (5) kompetensi Pembelajaran; (6) Model-model Pembelajaran Inovatif (7) Metode Pembelajaran; (8) Media dan Sumber Belajar; (9) Penilaian Hasil Belajar; (10) Praktek Mengajar (Praktikum). Di akhir pelatihan, peserta melakukan simulasi mengajar dan diberi penilaian oleh teman sejawat dan instruktur untuk mengevaluasi apa yang sudah dipelajari selama pelatihan.

DOSEN AAU IKUTI PEKERTI DI UNY
Pembantu Rektor I UNY, Prof.Dr. Nurfina Azman SU.,Apt.,saat membuka PEKERTI A-6 di gedung LPPMP UNY Yogyakarta, Selasa (19/6) yang di hadiri Direktur Pendidikan Akademi Angkatan Udara (AAU) Kolonel Pnb Sungkono, Kordostur AAU Kolonel Pnb Sudadi serta Kolonel Pnb Chandra Siahaan dari Direktorat Pendidkan TNI AU.

Baca juga:  ATS “TEMPAT” PERTANDINGAN BULUTANGKIS HUT KE-59 KOOPSAU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel