Berita

Dragon Operasi Hanudnas “Tutuka” 2009

Dibaca: 8 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Latihan Hanudnas dengan sandi “Tutuka” 2009 merupakan latihan puncak Kohanudnas yang dimaksudkan sebagai tolok ukur kesiapsiagaan operasi sistem pengamatan, identifikasi dan penindakan ancaman musuh dari udara yang nyata. Demikian disampaikan Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI Bambang Samoedro, S.Sos., yang dibacakan Danwing 3 Lanud Iswahjudi, Kolonel Pnb Tatang Harlyansyah, S.E., pada upacara pemberangkatan satu flight F-16 Fighting Falcon yang akan mendukung latihan tersebut di Skadron Udara 3, Jumat (6/11).

 

Lebih lanjut dikatakan, pada latihan Hanudnas “Tutuka” 2009 ini, juga akan akan diujikan system Hanud Area yang merupakan antisipasi terdepan terhadap ancaman pesawat musuh yang akan memasuki maupun yang telah masuk wilayah udara nasional Indonesia.

 

Kesiapsiagaan untuk melaksanakan tugas operasi pertahanan udara menjadi keharusan, utamanya bagi para penerbang tempur dan para crew pendukung. Sementara kesiapsiagaan itu akan dapat dicapai apabila para penerbang beserta crew pendukungnya selalu melaksanakan latihan-latihan secara teratur dan berkesinambungan. Untuk itu pada kesempatan upacara pemberangkatan tersebut, Marsma TNI Bambang Samoedro, S.Sos., menekankan agar latihan Hanud Tutuka 2009 tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh agar dapat mencapai hasil yang optimal.

Baca juga:  SEJURSARTEK BMSC ANGKATAN KE-39 DIBUKA

 

“Dengan latihan ini diharapkan adanya peningkatan kemampuan baik perorangan maupun satuan dalam mengaplikasikan dan penerapan doktrin operasi Hanud untuk menyusun rencana operasi yang disiapkan berdasarkan analisa kontijensi yang diperkirakan akan terjadi, dan meningkatkan kerjasama unsur-unsur Hanud atau keterpaduan penyelenggaraan operasi pertahanan”, ungkapnya.

 

Latihan “Tutuka” 2009 akan berlangsung hingga 13 November 2009 bertempat di Lanud Samratulangi, Manado, memberangkatkan penerbang maupun crew sebanyak 60 personel dengan didukung satu flight pesawat tempur F-16 Fighting Falcon.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel