TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Dramatis upacara TRADISI MANDI SUCI, terlaksana dibawah guyuran hujan

By 07 Jun 2012 06:29Berita
Exercise Pitch Black 2012

Kejar-kejaran antara yunior dan senior bukan menjadi barang yang tabu. Saat saat Seperti ini sangat dinanti para karbol AAU khususnya tingkat II dan Tingkat III. Suasana yang tidak seperti biasanya sore ini muncul. Masih dalam rangkaian Tupdik Karbol AAU 2012 Acara tradisi mandi suci digelar. Mandi suci sebagai acara tradisi karbol mempunyi makna penyucian dari jiwa menjadi yang suci sebelum memasuki gerbang perwira. Rabu (6/6).

Mandi Suci Saya Lihat Sebagai Tradisi Positif Yang Patut Di Lestarikan. Mandi Suci Juga Bukan Sekadar Sebuah Simbol Akhir Pendidikan, Tetapi Yang Jauh Lebih Penting Adalah Makna Di Balik Kegiatan Tersebut, Khususnya Yang Menyangkut Ikatan Batin Di Antara Karbol, Di Mana Karbol Yunior Akan Memandikan Seniornya Sebagai Simbol Pembersihan Hati, Pikiran Dan Jiwa Sebelum Mereka Meninggalkan Almamater Akademi Angkatan Udara. Demikian sambutan Gubernur AAU Marsda TNI Bambang Samoedro, S.Sos dalam mengawali acara.

Mandi Suci, dalam pelaksanaannya ada Hal-Hal Yang Perlu Saya Ingatkan Kembali, Yaitu Menyangkut Aturan Dan Mekanisme Pelaksanaannya Seperti Yang Telah Saya Sampaikan Tadi Bahwa Mandi Suci Mengandung Makna Pembersihan Lahir Dan Batin Karbol Tingkat Iv Oleh Para Yuniornya Sebelum Dilantik Menjadi Perwira Tni Angkatan Udara. Oleh Karena Itu, Mekanisme Pelaksanaanya Harus Tetap Berpegang Pada Aturan Yang Berlaku Di Wing Korps Karbol. Kegiatan Ini Bukan Arena Pelampiasan Emosi, Lebih-Lebih Ajang Balas Dendam Yunior Kepada Seniornya. Sehingga Pelaksanannya Pun Harus Didasari Semangat Respek, Penuh Penghormatan, Serta Ketulusan Hati Dan Rasa Kasih Sayang.

Ke 124 Orang. Karbol TK IV wajib mengikuti acara ini dan tidak ada lagi batas karbol dan pejabat. Semua melibatkan diri dan berbasah basah ria. Diikuti Oleh Karbol Tingkat II , Tingkat III, Pejabat list A, pengasuh dan Dosen-Dosen AAU Lainnya.

Upacara mandi suci didahului oleh penyiraman secara simbolis oleh Gubernur AAU kepada perwakilan. Dan disusul oleh Ibu asuh karbol serta pejabat AAU. Mengunakan 1 Mobil Pemadam Kebakaran Milik Bandara Adi Sutjipto. Upacara terasa amat dramatis karena Gubernur AAU menjadi irup dengan ditandai guyuran hujan dan payung ajudan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Kotama Koopsau 1 Berita Utama PIA Ardhya Garini Kodiklatau
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dramatis upacara TRADISI MANDI SUCI, terlaksana dibawah guyuran hujan