Berita

Drs. K.H. MUCHKLASIN MUZAKIR, S.Ag : BERQURBAN BUKTI NYATA KEIMANAN

Dibaca: 5 Oleh 07 Nov 2011Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Berqurban adalah bukti nyata keimanan yang dimiliki seseorang, semakin tinggi semangat berqurban semakin tinggi pula kualitas keimanannya. Demikian, khatib Drs. K.H. Muchklasin Muzakir, S.Ag., dalam khutbahnya sholat Idul Adha di Lapangan ex Mabesau Komplek TNI AU Pancoran, Minggu (6/11).

Dikatakan, domba pada masa itu merupakan komoditi yang paling berharga, dengan kata lain kekayaan seseorang diukur dengan seberapa banyak hewan ternak yang dimilikinya. Hewan ternak itulah yang dikorbankan yang dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan.

Kalau dengan analogi ekonomi saat ini, ujar Drs. K.H. Muchklasin Muzakir, S.Ag., mengorbankan hanya dengan seekor domba atau sapi, bagi masyarakat tertentu mungkinlah sangat tidak berarti. Dengan analogi ini bukan berarti kita harus meninggalkan syareat untuk tidak memotong hewan qurban pada saat Idul Adha. Melainkan kita harus mampu menggali pesan dan spirit dibalik simbul peristiwa itu.

Allah S.W.T sangat memuji kepada hambanya yang mampu selalu berqurban, baik dijalan Allah maupun untuk masyarakat sekitarnya. Pada hari ini kita dituntut untuk mengorbankan hewan ternak, mungkin pada saat lain kita dituntut mengorbankan jiwa kita seperti yang telah dilakukan oleh para suhada dan pahlawan kita yang telah merelakan darah dan jiwanya untuk tercapainya kemerdekaan Republik Indonesia tercintai ini.

Baca juga:  Kenaikan Pangkat Harus Dapat Dipertanggungjawabkan

Melalui ibadah qurban, Allah mendidik kita agar senantiasa selalu memberi atas dasar kemanusiaan, sifat rela berqurban adalah bukti nyata keimanan yang kita miliki, ujarnya.

Sholat Idul Adha dilapangan ex Mabesau Pancoran selain dihadiri masyarakat sekitar Pancoran, Tebet, Pasar Minggu dan Mampang, tampak hadir pula mantan Kasau Marsekal (Purn) TNI Chappy Hakim, Marsdya TNI Rio Mendung serta para pejabat TNI AU.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel