Berita

Dua Perahu Karet Lanud Maimun Saleh Diturunkan di Laut Teuping Cirik

Dibaca: 4 Oleh 13 Agu 2021Tidak ada komentar
IMG 20210813 WA0008
#TNIAU 

TNI AU. Pesawat Cassa dengan nomor Registrasi PK CT -212 yang membawa 5 penumpang dan 5 crew take off dari bandara Maimun Saleh Sabang menuju Bandara Kualanamu Medan dalam scenario latihan SAR Laut tahun 2021, Kamis, (12/8/2021).

Setelah lepas landas dari Runway 28, Kapten Pilot melaporkan kepada petugas tower Lanud Mus, bahwa pesawat mengalami situasi Emergency kebakaran pada mesin no 2 kemudian pilot meminta RTB untuk landing di Runway 28 namun kehilangan keseimbangan dan akhirnya jatuh ke Laut. mendengar info tersebut Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Dariyanto langsung memerintahkan kepala Dinas Operasi Mayor Lek Setya Agus untuk segera melakukan penyelamatan sesuai prosedur dan utamakan safety, kesuksesan latihan apabila dalam latihan berjalan dengan lancar dan aman.

Kesempatan itu pula Kepala Dinas Operasi Mayor Lek Setya Agus langsung perintahkan agar seluruh personel Lanud Maimun, segera menyiapkan perlengkapan seperti perahu karet dan segera siagakan seluruh team SAR, terkait insident jatuhnya pesawat PK CT-212 ke laut sebelah barat pulau Sabang serta siapkan tim SAR pengamanan dan Kesehatan.

Baca juga:  Pesawat KT 1 Wong Bee dan Grob Jadi idola Siswa Perwira Karier

Setelah tiba di lokasi yaitu Teuping Cirik, tim SAR mendapatkan laporan dari masyarakat dan nelayan sekitar bahwa sempat melihat pesawat yang mengalami kebakaran dan jatuh ke laut 500 meter dari bibir pantai teuping cirik, mendapatkan informasi tersebut 2 buah perahu karet langsung diturunkan ke bibir pantai Teuping Cirik dan langsung menyisir bagian bibir pantai teuping cirik untuk melaksanakan evakuasi terhadap korban.

Dengan jiwa semangat, kecepatan tim SAR Lanud Maimun Saleh melihat puing badan pesawat dan segera melakukan penyelamatan terhadap korban dan dilaksanakan tindakan medis, dengan dibawa pada pulau terdekat.

Seusai penyelamatan korban Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Dariyanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit Lanud Maimun Saleh bahwa latihan SAR laut ini dalam rangka mengasah keterampilan dan kecepatan menangani keadaan darurat agar senantiasa seluruh personel Lanud Maimun Saleh yang berada di ujung barat perbatasan NKRI selalu siap sedia, waspada dan terlatih, pesannya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel