Berita

Dua Pesawat CN-235 Skadron Udara 5 Mengawaki Skadron Udara 27

HND 1934
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H. Haris Haryanto, S.IP., Rabu (12/6) melepas keberangkatan dua pesawat CN-235 MPA yang akan mengawaki Skadron Udara 27 Lanud Manuhua, Biak di apron Timur Hanggar Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin.

Beberapa hari sebelumnya, sebanyak 21 personel Lanud Sultan Hasanuddin baik penerbang maupun crew dari Skadron Udara 5 dan Skadron Teknik 044 telah diberangkatkan ke Lanud Manuhua untuk bergabung dengan personel dari Lanud Halim Perdana Kusuma guna mengawaki Skadron Udara 27 Lanud Manuhua, Biak.

Selama beroperasi di Skadron Udara 5, pesawat CN-235 MPA telah melaksanakan operasi udara dalam rangka menjaga kedaulatan negara diantaranya operasi pengamanan ALKI II dan ALKI III, operasi perbatasan Ambalat, patroli bersama Selat Malaka, operasi SAR, serta patroli pengamatan bencana di Palu.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin mengharapkan kepada personel yang bertugas di Skadron Udara 27 dapat menjadi pelopor dalam membangun dan mengembangkan skadron baru serta sebagai ujung tombak di wilayah Indonesia Timur.

Selain itu ditambahkan dengan pergeseran pesawat CN-235 baik dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma dan Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin dapat menambah kekuatan udara guna menjaga keamanan wilayah Indonesia Timur.

“Tetaplah semangat, loyal dan ke depan sejarah akan mencatat pengabdian sebagai perintis utama dalam pembentukan Skadron Udara 27”, tambah Danlanud Sultan Hasanuddin.

Komandan Skadron Udara 5 Letkol Pnb Achmad Iwan R. meminpin langsung pergeseran dua pesawat CN-235 dengan tail number AI-2317 dan AI-2318 ke Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak.

Turut hadir saat pelepasan pesawat CN-235 tersebut Komandan Wing Udara 5, para Kepala Dinas, Komandan satuan, pejabat Lanud Sultan Hasanuddin dan seluruh anggota Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin.

 

Terkait

Komentar

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel