Berita

Dua SMK Penerbangan Praktek Kerja Industri di Skatek 021 Lanud Halim

Dibaca: 238 Oleh 10 Jan 2017Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Sebanyak 98 siswa-siswi dari dua SMK Penerbangan yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 29 Jakarta dan SMK Bakti Nusantara Bekasi selama dua bulan ke depan akan melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Skadron Teknik 021 Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (9/1). Prakerin tentang perawatan engine pesawat terbang tersebut diawali dengan upacara pembukaan di Gedung Cakra Gendhewa Skadron Teknik 021 dihadiri pejabat terkait dari Lanud Halim Perdanakusuma. Bertindak selaku inspektur upacara Mayor Tek Tunjung, Kepala Seksi Keselamatan Kerja (Kasi Lamja) Skatek 021, mewakili Komandan Skatek 021.

Dalam sambutannya Komandan Skatek 021 Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Tek Ruhimat, S.T., menyatakan melalui Prakerin diharapkan pola pikir dan pola tindak siswa terasah secara baik. Sehingga berbagai materi pelajaran teori maupun praktek akan diberikan pada peserta sebagai calon-calon teknisi pesawat terbang yang handal. “Perlu dicamkan sebagai salah satu kesatrian militer, Skatek 021 menerapkan berbagai aturan untuk ditaati dan dipatuhi dengan berdisiplin. Oleh karena itu, selain ketrampilan perawatan pesawat, kalian dibiasakan juga untuk hidup secara teratur dan berdisiplin agar menunjang keberhasilan dan keselamatan dalam berbagai kegiatan. Selain itu dengan adanya dua SMK yang berbeda, saya berpesan untuk tetap menjaga kerukunan, jangan saling bersaingan satu sama lain bahkan terjadi perkelahian,” tegas Danskatek 021.

Baca juga:  Personel Lanud RSA Laksanakan Tadarus Al-Qur'an Rutin di Bulan Suci Ramadhan

Skatek 021 Lanud Halim Perdanakusuma antara lain bertugas dalam memelihara engine pesawat-pesawat angkut yang operasional di Lanud Halim Perdanakusuma seperti CN 235, CN 295, C-130 Hercules, Boeing 737 dan lainnya. Oleh karena itu, Skatek 021 diawaki oleh para prajurit TNI AU yang telah berkualifikasi sebagai teknisi pesawat terbang yang profesional yang mampu melaksanakan tugas perawatan engine hingga tingkat sedang. Dalam Prakerin kali ini, siswa-siswi SMK Negeri 29 Jakarta terdiri dari 46 peserta dan 52 peserta dari SMK Bakti Nusantara Bekasi. Kedua SMK tersebut sudah bekerjasama dengan Skatek 021 sejak beberapa tahun lalu dalam kegiatan Prakerin, sebagai perwujudan dari program link and match yang merupakan kurikulum pendidikan SMK.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel