TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Dua Tuna Netra Wujudkan Impianya Terbang Bersama TNI AU

By 26 Feb 2018Berita
tuna_netra_oke
TNI AU. Sebanyak 6 penyandang Disabilitas, Tuna Netra akhirnya mewujudkan impianya meraba dan merasakan lebih dekat pesawat milik FASI Yogyakarta, Sabtu, 24/2. bertempat di Hanggar Fasi Lanud Adisutjipto. Para Tuna Netra tersebut sengaja diundang Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M. pasca viralnya salah satu tuna netra bernama Helmy di media sosial pada event Jogja Air Show 2018 lalu.
Komandan Lanud Adisutjipto saat diwawancarai awak media mengatakan bahwa, sangat
terharu ketika melihat youtube yang sempat viral beberapa waktu yang lalu usai perhelatan Jogja Air Show 2018, berangkat dari situlah Danlanud pingin mengundang mereka, tidak hanya hadir merasakan dan meraba, namun kami ajak mereka untuk terbang dengan pesawat. Komandan merasa bahagia ketika melihat adik-adik penyandang disabilitas tersebut memiliki semangat untuk mengetahui dan merasakan pesawat udara lebih jauh.
Menurutnya, memberikan kesempatan terbang ini adalah wujud dari kepedulian sesama mereka, karena  mereka adalah milik kita bangsa Indonesia yang perlu diperhatikan, paparnya.
Ke enam tuna netra tersbut adalah bernama Helmi, Cintia Larasati, Sasa, Taskia,  Elsa, dan Raihan, mereka rata-umur 8 tahun hingga 9 tahun, kecuali helmy 14 tahun. Dari ke lima tuna netra tersebut berasal dari Sekolah Luar Biasa 1 Wonosari, sementara 1 Siswa yaitu Helmy berasal dari SLB Bantul.
Dari keenam tersebut hanya Helmy dan Cintia yang akhirnya diberi kesempatan untuk terbang. Suatu kesempatan yang tidak didapatkan oleh semua orang. Saat ini mereka mendapatkan kehormatan untuk melihat lebih dekat beberapa pesawat yang biasa dipergunakan oleh Fasi.
Setelah diterima dan beramah temah dengan Komanadan Lanud dan jajarannya Helmy dan kawan-kawanya,  sebelumnya juga mendapatkan  paparan dan wawasan pengetahuan mengenai pesawat terbang dan Joy Flight oleh Kasibinpotdirga Mayor Pnb Iwan Setiawan. Selanjutnya diajak untuk melihat dan mendekat ke pesawat. Setelah puas melihat-lihat dan mengamati beberapa pesawat, akhirnya Helmy dan Cintia diajak untuk terbang patern diatas Lanud Adisutjipto.
Moment ini merupakan moment yang sangat berharga bagi Helmy, dan Cintia, Mereka berdua merasa sangat bahagia bisa dekat dengan pesawat, bahkan dapat ikut terbang  membelah angkasa.  Moment itu juga merupakan moment yang sangat berharga bagi insan Dirgantara khususnya warga TNI AU,  karena mereka dapat berbagi kesempatan dengan Helmy dan rekannya.
Selain itu, selanjutnya Danlanud Adi memberikan cindera mata, dan diajak makan bersama di Rumah Makan Dapur Jupiter  Ringroad Selatan Janti, yang tak jauh dari Pangkalan TNI AU Adisutjipto.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Dua Tuna Netra Wujudkan Impianya Terbang Bersama TNI AU