BeritaFoto

Dukung Ketahanan Pangan Komandan Lanud Sjamsudin Noor Bersama Forkopimda Kalsel Panen Ikan dan Sayuran

Dibaca: 36 Oleh 10 Jul 2020Tidak ada komentar
Dukung Ketahanan Pangan Komandan Lanud Sjamsudin Noor Bersama Forkopimda Kalsel Panen Ikan dan Sayuran
#TNIAU 

TNI AU. Krisis pangan menghantui Indonesia sebagai dampak Pandemi Virus Corona atau Covid-19. Pemerintah termasuk TNI-Polri sudah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi krisis pangan. Misalnya dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif dengan menanami padi, sayur-sayuran hingga benih ikan di lahan yang sebelumnya tidak digunakan. Hal tersebut selain menjadi bentuk kemandirian, hasil panen pun dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar secara berkelanjutan.

Dipimpin Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. menggelar video conference (Vicon) dalam rangka Mendukung Program Ketahanan Pangan.

Dalam Vicon tersebut Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos., turut hadir bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si., Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandarianto, S.E., Pejabat Utama Polda Kalsel, Kapolres Banjarbaru dan Kajari Banjarbaru, pada Kamis (9/7).

Upaya pemerintahan dalam hal ini Presiden Joko Widodo serta Kapolri dan Panglima TNI agar jajarannya terus meningkatkan ketahanan pangan melalui kegiatan penanaman sayur dan pengelolaan kolam ikan tampaknya ditindaklajuti dengan cepat oleh satuan jajaran TNI-Polri wilayah Kalsel. Terbukti sejak beberapa waktu lalu di beberapa lahan telah dilakukan penanaman sayur dan membuat kolam ikan dan hasilnya pun tampaknya sudah bisa dinikmati dengan dilakukannya panen sebanyak 350 Kg Ikan Lele, 250 Kg Ikan Nila, 61 Sayur Kol dan 51 Sayur Brokoli yang dilakukan oleh beberapa unsur Forkopimda Kalsel di Satbrimobda Polda Kalsel dengan tema “Panen Ikan Lele Bersama Polda Kalsel Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi Covid-19”.

Dalam arahannya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyampaikan panen raya tersebut menjadi bukti kesungguhan TNI-Polri untuk mendukung Pemerintah dalam program ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19 yang telah berdampak signifikan terhadap tatanan global dalam bentuk permasalahan kesehatan dan ekonomi. Panen raya tersebut juga dirangkai dengan penebaran benih Ikan Lele dan penanaman Jagung yang menjadi bagian dari langkah TNI-Polri untuk menjaga ketahanan pangan Nasional.

Jajaran TNI-Polri bersama pemerintah wilayah Kalsel akan terus selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak sehingga dapat terhindar dari Covid-19, karena TNI-Polri bersama pemerintah daerah tidak akan berhasil memutus mata rantai penyebaran Covid-19 jika tak ada peran serta masyarakat yang peduli dan disiplin mematuhi protokol kesehatan, dan saat ini Jajaran TNI-Polri bersama pemerintah wilayah Kalsel juga selalu mendorong berdirinya Kampung Tangguh Banua yang di dalamnya ada ketangguhan pangan sehingga dapat mendukung program ketahanan pangan secara Nasional yang digelorakan TNI-Polri seluruh Indonesia.

Baca juga:  Danlanud Sutan Sjahrir "Ciptakan Zero Accident" di Berbagai Bidang Kerja di Lanud Sutan Sjahrir

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel