Berita

Dukung Ketahanan Pangan, Lanud Halim Panen Bawang Merah

Dibaca: 4 Oleh 10 Jun 2021Tidak ada komentar
Dukung Ketahanan Pangan, Lanud Halim Panen Bawang Merah
#TNIAU 

TNI AU. Pen Halim. Dukung ketahanan pangan, Lanud Halim Perdanakusuma menggelar panen bawang merah, ditandai dengan panen secara simbolis oleh Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., didampingi pejabat Lanud bersama dengan  Direktur  Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementrian Pertanian Ir.Tommy Nugraha, M.M., di lahan pertanian Skadron Udara 45 Lanud Halim, Rabu (9/6/2021).

Dalam sambutannya, Danlanud Halim Perdanakusuma mengatakan kegiatan pertanian  salah satunya bercocok tanam  bawang merah ini sudah menjadi komitmen Lanud Halim untuk terus mendukung serta menyukseskan program yang dicanangkan oleh pemerintah.

“Ini juga sesuai dengan arahan pimpinan, baik Panglima TNI maupun Kepala Staf Angkatan Udara, yang memerintahkan seluruh jajaran TNI dan TNI AU untuk terus melaksanakan upaya-upaya mendukung program ketahanan pangan dengan mengolah lahan kosong ataupun kurang produktif,” ujar Danlanud.

Lebih lanjut Danlanud menjelaskan, di lahan pertanian seluas dua hektar ini, sebelum panen bawang merah juga telah dipanen tanaman Jagung dan Sayur Kangkung.

Baca juga:  KODIKAU RAIH JUARA I TENIS LAPANGAN DAN JUARA III BULU TANGKIS

“Hasil dari panen perdana untuk bawang merah ini nantinya  selain untuk mencukupi kebutuhan warga Lanud Halim juga masyarakat di sekitarnya,” tambah Danlanud.

Dalam kesempatan ini Danlanud juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Pertanian, Dinas BPTP DKI Jakarta, Suku Dinas KPKP Kota Jakarta Timur atas dukungan, kolaborasi, bimbingan dan kerjasamanya terhadap program ketahanan pangan yang dilakukan oleh Lanud Halim Perdanakusuma.

“Saya berharap dengan kegiatan panen ini bisa menjadi inspirasi para prajurit untuk memanfaatkan lahan yang ada baik diperkantoran maupun lingkungan tempat tinggal, menjadi lahan yang produktif dan menghasilkan guna membantu mencukupi kebutuhan pokok,” tutup Danlanud.

Sementara itu Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementrian Pertanian Ir. Tommy Nugraha, M.M. menyampaikan  meski skalanya masih terbatas, bawang merah yang dipanen di Lanud Halim Perdanakusuma setidaknya menjadi awalan yang sangat baik, dan mampu memberikan beberapa dampak positif diantaranya peningkatan produksi, peningkatan kesejahteraan petani atau prajurit serta tentunya memperkuat ketahanan pangan nasional kita.

Namun demikian pihaknya  menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para prajurit Lanud Halim yang telah gigih dan bersemangat mengembangkan bawang merah di tengah hiruk pikuk padatnya kota Jakarta.

Baca juga:  Hercules TNI AU Kembali Angkut Bantuan APD Dari Kemenkes RI di Tahap Kesebelas Untuk Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 di Wilayah Kalimantan Selatan

”Kami berharap sinergi yang telah terbangun ini bisa semakin diperkuat dan ditingkatkan di masa-masa mendatang,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara ini para pejabat Lanud, Kabinpotdirga Lanud, Ibu Yuli Absari Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Timur dan perwakilan dari Kelurahan Halim.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel