Berita

Dukung Olahraga Dirgantara, Danlanud SAM Tinjau dan Jajal Paralayang Tandem

Dibaca: 13 Oleh 28 Jul 2022Tidak ada komentar
IMG 1015
#TNIAU 

TNI AU.  PEN SAM. Uji coba spot paralayang berlangsung di destinasi wisata Tahura Sultan Adam Desa Mandiangin, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Uji coba yang dilakukan oleh Konsultan Paralayang Merapi Wasaka sekaligus Pelopor Paralayang dan Penggiat Wisata Dirgantara Gendon Subandono pada, Rabu (27/7/2022) tersebut dilaksanakan bersama Komandan Lanud Sjamsudin Noor selaku Ketua FASI Provinsi Kalimantan Selatan Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago, Kadispotdirga Lanud SAM Letkol Sus M. Mohtar, Kasi Komsos Potdirga Mayor Kes dr. Ika Nindyawiyati, Koordinator Penyuluh Kehutanan Tahura Hairullah, Kasi PPH Dishut Prov Kalsel Alif Winarno, para Babinpotdirga dan beberapa personel pendukung dari Lanud SAM serta diikuti oleh instruktur dan para siswa paralayang.

Jalan yang terjal dan menanjak tidak menjadi hambatan untuk merasakan latihan bersama sekaligus menikmati indahnya pemandangan pesona dari atas ketinggian. Uji coba terbang kali ini dilakukan Komandan Lanud Sjamsudin Noor tandem bersama Gendon Subandono selaku Pelatih Paralayang dari Merapi Wasaka pada siang hari dengan posisi take off dari bukit batu besar, menjajal paralayang dari ketinggian 400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga:  KUNJUNGAN KERJA DANKORPASKHAS KE YONKO 464 PASKHAS DAN DETASEMEN MATRA 2 PASKHAS

Uji coba terbang ini memang bukan uji coba terbang perdana yang dilakukan di Tahura Sultan Adam, namun uji coba ini merupakan uji coba ekspose awal kajian pengembangan wisata paralayang di Tahura Sultan Adam yang bertujuan untuk mendapatkan saran-saran serta masukan terkait pebuatan dokumen kajian pengembangan olahraga paralayang sebagai spot wisata baru di Tahura Sultan Adam sebagai bagian dari penguatan fungsi kawasan yang melibatkan Kadis Pariwisata Prov. Kalsel, Dispora Prov. Kalsel, Kabid Destinasi Wisata Disbudporapar Kab. Banjar, Ka Tahura Sultan Adam, jajaran pejabat Dishut Kalsel, Konsultan Paralayang Merapi Wasaka, Pelopor Paralayang Nasional dan beberapa instansi pemerintah setempat yang terkait.

Danlanud SAM mengungkapkan bahwa Kalsel memiliki sumber daya manusia yang baik dan menjadi potensi yang dapat dikembangkan dengan pelatihan pembinaan untuk menjadi atlet-atlet paralayang dan sangat mendukung peningkatan olahraga kedirgantaraan di Kalsel. “Kami sangat menyambut baik dan terbuka apabila ada yang berkeinginan menjadi atlet atau bergabung latihan bersama kami. Mari bersama-sama kita kembangkan olahraga dirgantara di Kalsel, sekaligus mencetak atlet-atlet daerah yang mampu membawa nama Kalsel ke kancah nasional dan internasional,”  pungkas Danlanud SAM.

Baca juga:  Tes Kesemaptaan Jasmani Semester I Di Lanud D. Dumatubun

Danlanud SAM pun menaruh harap agar latihan yang rutin ini dapat semakin ditingkatkan. Untuk para atlet yang ada di Kalsel dapat senantiasa mengasah penguasaan teknik Paralayang. Demikian juga bagi generasi muda. ’’Hal ini merupakan peluang bagi yang ingin mengembangkan hobi ini, kami selaku pengurus Fasida, terbuka untuk menerangkan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan. Dan rencananya akan dilakukan penerbangan pertama secara resmi di bulan Agustus ini menyambut HUT Republik Indonesia sekaligus HUT Provinsi Kalsel yang jatuhnya berdekatan, setelahnya akan diadakan event paralayang agar masyarakat umum dapat menikmati spot wisata adrenalin ini,” ungkap Danlanud SAM selaku Ketua Fasida Kalsel sesaat landing usai terbang tandem menuju titik pendaratan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel