Berita Utama

Dukung Program Pemerintah, TNI AU Siagakan Pesawat Untuk TMC

Dibaca: 10 Oleh 02 Mar 2021Tidak ada komentar
Dukung Program Pemerintah, TNI AU Siagakan Pesawat Untuk TMC
#TNIAU 

TNI AU. HALIM PERDANAKUSUMA, DISPENAU. TNI Angkatan Udara tetap menyiagakan pesawat CN-295 Skadron Udara 2 dan pesawat Cassa 212 Skadron Udara 4 untuk mendukung program pemerintah melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Operasi TMC akan terus dilaksanakan guna mengendalikan cuaca ekstrim dan mengurangi potensi banjir di wilayah Jabodetabek.

Sejak tangal 20 Februari 2021 hingga 1 Maret 2021, pesawat CN-295 A-2901 telah melaksanakan misi penyemaian sebanyak 8 sorties dan pesawat Cassa 212 A-2105 sebanyak 6 sorties.

Sampai senin (1/3/2022) kemarin, TNI Angkatan Udara bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyemai 22,8 ton NaCl (garam powder) dengan area fokus penyemaian di daerah pantai Timur Lampung, Selat Sunda, Ujung Kulon sampai ke perairan selatan provinsi Banten.

Kepala Balai Besar TMC BPPT, Jon Arifian, S.Si., M.Si, dalam rapat evaluasi pelaksanaan TMC melalui virtual pada Senin (1/3/2021), mengucapkan terima kasih banyak atas kerja sama antara TNI AU, BMKG, BNPB, dan instansi terkait lainnya atas pelaksanaan TMC.

Baca juga:  Kasau Pecahkan Rekor MURI Terbanyak 

“Kegiatan TMC sudah berjalan selama 9 hari dan curah hujan di area Jabodetabek semakin menurun sebanyak 50%-70%, sehingga diharapkan dengan dilaksanakan TMC ini dapat mencegah terjadinya banjir susulan di daerah Jabodetabek,” jelas Kepala Balai Besar TMC BPPT.

TNI Angkatan Udara akan terus siap mendukung program pemerintah dalam upaya penanggulangan bencana banjir dan cuaca ekstrim melalui misi TMC sebagai bagian dari operasi militer selain perang (OMSP).

Dukung Program Pemerintah, TNI AU Siagakan Pesawat Untuk TMC

Dukung Program Pemerintah, TNI AU Siagakan Pesawat Untuk TMC

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel