Berita

Dukungan Operasi Penerbangan Lanud Harus Mampu Mendukung Operasi Udara di Malam Hari

Dukungan Operasi Penerbangan Lanud Harus Mampu Mendukung Operasi Udara di Malam Hari
#TNIAU 

TNI AU. Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, melalui Seksi Baseops Dinas Operasi Lanud Abd Saleh menggelar latihan Night Rescue Exercises , Jumat malam, 15 Februari 2019, bertempat di Taxiway dan Runway Lanud Abd Saleh. Kegiatan tersebut sesuai perintah Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., terkait kemampuan operasi udara TNI AU sudah harus meningkat kepada kemampuan operasi udara pada malam hari yang sukses dan aman termasuk di dalamnya dukungan operasi penerbangan oleh Lanud.

Kadisops Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Reza R.R.Sastranegara, S. Sos., M. AP. selaku Direktur Latihan yang diwakili Kasi Baseops Mayor Pnb Dodik, S.Sos, MMDS, sebagai Koordinator Latihan mengatakan salah satu dukungan operasi penerbangan yang essential untuk kesuksesan operasi udara adalah kesiapan Crashteam atau tim PKD-KPU (Penanganan Keadaan Darurat Kecelakaan Pesawat Udara) dalam menangani kondisi emergency baik siang maupun malam. Sehingga seksi Baseops selaku koordinator crashteam dalam hal ini PLLU, Meteo, dan Baserescue harus berlatih melaksanakan tugas pada malam hari dengan berbagai tantangan seperti kondisi keterbatasan penerangan dan peralatan.

Crashteam harus mampu melaksanakan penanggulangan keadaan darurat kecelakaan pesawat udara pada malam hari baik berupa pemadaman api, pertolongan korban, evakuasi korban dan pengamanan daerah kejadian (accident site). Kemampuan ini mutlak harus dimiliki oleh Crashteam Lanud Abd. Saleh baik saat kondisi siang maupun malam dan perlu dilatihkan sedini mungkin karena kondisi darurat dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, papar Mayor Pnb dodik

Menurutnya, tujuan latihan ini adalah agar Crashteam Lanud Abd Saleh mampu melaksanakan penanganan dan penyelamatan dari kondisi emergency baik siang maupun malam, sehingga operasi udara dapat terlaksana dengan sukses dan selamat.

Sementara Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Andi Wijaya menambahkan, Lanud Abd Saleh sebagai Lanud operasional sejauh ini sudah mampu melaksanakan beberapa operasi udara diantaranya Night Weapon Delivery dan Night Formation oleh pesawat Tucano Skadron Udara 21, penerjunan free fall HALO/HAHO malam hari dan night formation oleh pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 32 dan rencana kedepan kemampuan operasi udara akan lebih meningkat kesulitan dan kompleksitasnya sehingga faktor resiko juga akan semakin tinggi.

Latihan yang diikuti personel Dinas Operasi yaitu PKP-PK , PLLU, Meteo dan UPT Bandara Abdulrachman Saleh tersebut diawali dengan Doa bersama, persiapan Crashteam dan simulasi penanganan dan pemadaman kecelakaan pesawat udara dilanjutkan familirisasi pergerakan kendaraan di taxiway dan runway dengan rute taxiway D, C, runway, taxiway E, G, F, apron sipil, taxiway H, perpanjangan ujung 35, dan kembali ke shelter PK. Alhamdulillah latihan dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel