Berita

Eksistensi Koopsau Beserta Jajarannya

Oleh 14 Mei 2010 Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

“Sejak kelahirannya tanggal 15 Juni 1951 sejarah perjalanan dan pengabdian Koopsau tidak dapat dipisahkan dari perjalanan sejarah TNI Angkatan Udara pada masa perjuangan fisik melawan penjajah. Keberhasilan pelaksanaan tugas sebagai salah satu komando utama operasi TNI Angkatan Udara sangat mencerminkan kesiapan operasional TNI Angkatan Udara sebagai bagian integral kekuatan pertahanan matra udara. Oleh karena itu tidaklah berlebihan apabila eksistensi kinerja Koopsau beserta jajarannya merupakan cerminan keberhasilan tugas pokok TNI Angkatan Udara”. Demikian sambutan tertulis Kepala Staf TNI Angkatan Udara yang dibacakan oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Ida Bagus Putu Dunia pada Upacara Memperingati Ke – 58 Hari Ulang Tahun Koopsau (15/6) di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin. Upacara yang dilaksanakan secara sederhana dengan penuh hikmat tersebut, dihadiri oleh Komandan Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel Pnb Arif Mustofa, Para Kadis, Komandan Satuan dan seluruh personel Lanud Sultan Hasanuddin.

 

Selanjutnya Kepala Staf TNI Angkatan Udara , memberikan apresiasi positif terhadap kinerja Koopsau dengan menyatakan bahwa di usia ke – 58 tahun Koopsau telah berhasil melaksanakan tugas operasi udara dan tidak pernah absen ikut ambil bagian dalam berbagai operasi seperti peristiwa pemboman terhadap kedudukan Belanda di Semarang, Ambarawa dan Salatiga, Operasi Penumpasan Pemberontakan PKI, DI/TII, PRRI/Permesta, Operasi Trikora dan Seroja. Kepala Staf TNI Angkatan Udara juga mengajak kepada seluruh generasi penerus TNI AU untuk memberikan penghormatan kepada para pendahulu sekaligus mewarisi dan mentauladani semangat pengabdian, dedikasi dan pengorbanan yang tulus untuk kepentingan bangsa dan negara seperti yang telah dicontohkan oleh Pendahulu TNI AU.

 

Sementara itu dalam kesempatan tersebut , Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Ida Bagus Putu Dunia memberikan Medali Emas kepada Komandan Skadron Udara 5 dan Komandan Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin atas prestasi masing – masing Skadron dalam pembinaan satuan dan berhasil mencegah terjadinya kecelakaan terbang dan kerja dalam kurun waktu 31 Mei 2004 sampai dengan 31 Mei 2009. Hal ini sesuai dengan Keputusan Pangkoopsau II Nomor : Kep/40/VI/2009 tanggal 8 Juni 2009 tentang Zero Accident Award. Selain itu, Komandan Lanud juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Kapten Tek Sumardjono NRP 512838 Kasiwas Disdalkual Skatek 044 Lanud Sultan Hasanuddin atas dedikasi, pengabdian dan loyalitasnya kepada Lanud Sultan Hasanuddin khususnya dan TNI AU pada umumnya. Adapun prestasi yang diraih Kapten Tek Sumardjono adalah keberhasilan membuat suatu instalasi stepdown transformer (trafo) yang berfungsi menurunkan tegangan listrik 115 Volt AC, 400 Hz, 3 Phase menjadi 36 Volt AC, 400 Hz, 3 Phase yang dibutuhkan untuk operasional tester pemeliharaan pesawat Sukhoi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel