TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Elsa-Hersa Putra Putri Dirgantara Lanud Supadio 2018

By 09 Apr 2018Berita
DSC_7721

TNI AU. Salah satu kegiatan yang memeriahkan rangkaian Bulan Dirgantara 2018, dalam rangka peringatan HUT TNI AU ke-72 adalah pemilihan Putra-Putri Dirgantara. Event ini jadi ajang pembuktian bakat dan minat para putra-putri terbaik Kalbar.

Adapun yang terpilih sebagai Putra Dirgantara Lanud Supadio adalah Rahmat Hersa Widiatmoko, siswa kelas XI SMA Bumi Taruna Khatulistiwa. Sementara Putri Dirgantara Lanud Supadio, disandang oleh Elsa Aurelia Suci Avilla, yang merupakan mahasiswi Fakultas Ilmu Keperawatan Untan Pontianak.

Hersa dan Elsa terpilih sebagai Putra-Putri Dirgantara Lanud Supadio, usai menyisihkan puluhan peserta lainnya yang berasal dari beberapa daerah di Kalbar. Putra-Putri Dirgantara akan jadi duta Lanud Supadio dalam mengenalkan berbagai potensi dirgantara.
“Potensi Dirgantara tidak hanya tentang militer, tetapi juga industri penerbangan, komersil, olahraga dan lainnya. Mereka adalah duta Lanud Supadio dalam berbagai kegiatan,” ujar Kepala Penerangan (Kapen) Lanud Supadio, Letkol Sus Filfadri.
Pemilihan Putra-putri Dirgantara sendiri adalah salah satu program pengembangan bakat dan minat putra daerah terhadap TNI AU. Event merupakan turunan dari tingkat nasional, sehingga, ke depannya, Hersa dan Elsa, akan mewakili Lanud Supadio pada ajang yang sama di tingkat nasional.
Kegiatan yang memasuki periode kedua ini, lanjut Kapen, berlangsung pada 9 April 2018, di VIP Room, Lanud Supadio. Pada babak final, Elsa dan Hersa, berhasil menyisihkan lima finalis lainnya.
Menurut Kapen, ajang pemilihan Putra-Putri Dirgantara diikuti oleh putra-putri terbaik Kalbar, yang memenuhi beberapa persyaratan, seperti usia yang dibatasi antara 18-25 tahun, belum pernah menikah, menguasai setidaknya satu bahasa asing, berkelakuan baik, dan memiliki penampilan yang menarik.
“Event ini terbuka untuk semua pemuda Kalbar. Terutama bagi para pemuda yang memiliki ketertarikan pada dunia kedirgantaraan. Kita berharap, semakin banyak pemuda dan pemudi Kalbar yang berminat pada dunia kedirgantaraan, sehingga Lanud Supadio semakin dekat dengan masyarakat,” ujarnya.
Secara umum, ada beberapa materi tes yang diberikan saat seleksi, yang dipandu oleh empat juri dari beberapa bidang, yaitu modelling, kedirgantaraan, pengetahuan umum dan daerah, serta kemampua psikologi. Adapun yang dinilai dalam pemilihan ini adalah sikap atau attitude, mental, intelensia, kemampuan akademik, bahasa asing, dan talenta khusus.
Mayor Sus Filfadri juga mengatakan, bahwa pada tahun-tahun mendatang, pemilihan Putra-Putri Dirgantara di lingkungan Lanud Supadio, akan diselenggarakan dengan semarak dan persiapan yang matang. Pihaknya akan mengundang putra-putri terbaik dari berbagai kota/kabupaten yang ada di Kalbar.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Elsa-Hersa Putra Putri Dirgantara Lanud Supadio 2018