Berita

Empat Pesawat Tempur Tiba di Lanud Tanjungpinang

Dibaca: 28 Oleh 20 Apr 2015Tidak ada komentar
Empat Pesawat Tempur Tiba di Lanud Tanjungpinang
#TNIAU 

Sebanyak 4 unit pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru, Riau tiba di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang pada Jumat, (17/4). Keempat pesawat tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 12 Letkol Pnb Jajang Setiawan dan akan melakukan operasi pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) khusus wilayah udara provinsi Kepulauan Riau. Kedatangan pesawat tersebut disambut langsung oleh Wakil Walikota Tanjugnpinang, Syarul dan beberapa pejabat FKPD Kota Tanjungpinang.

Danskadron Udara 12 mengatakan operasi ini merupakan patroli rutin Komando Operasi Udara I TNI AU di seluruh Indonesia, termasuk Tanjungpinang dan sekitarnya. ” Kita selalu mengawasi masalah keamanan yang ada, karena Kepri ini merupakan wilayah perbatasan dengan negara asing demikan Letkol Pnb Jajang Setiawan, mengatakan saat di temui di Bandara RHF Tanjungpinang. Operasi pengamanan ALKI ini akan dilaksanakan selama empat (5 ) hari, dimulai dari Senin (20/4) hingga Jum’at (24/4). Jajang mengatakan,.

Dalam pelaksanaan Operasi Komandan Skadron Udara 12 mengatakan bahwa dalam prosedur pengamanan ALKI tentu ada koordinasi antara satuan radar TNI AU dan radar milik sipil saat mendapatkan titik objek yang mencurigakan atau penerbangan tanpa izin. Selain itu, apabila terdapat pesawat asing yang melintasi wilayah Indonesia, tim akan langsung bergerak untuk melakukan komunikasi terhadap pesawat tersebut. “Selama ini satuan radar TNI dengan radar sipil berkomunikasi dengan baik. Sehingga, jika ada kecurigaan terhadap objek yang terdeteksi tentu akan koordinasinya satu sama lain,” Danskadron menuturkan.

Baca juga:  Danlanud Lwm Melepas Lima Atlet Tinju Leo Dirgantara Boxing Camp

Ditempan yang sama, Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Tanjungpinang, Letkol Pnb I Ketut Wahyu Wijaya mengatakan bahwa kehadiran keempat pesawat tempur tersebut diharapkan masyarakat Kota Tanjungpinang untuk lebih meningkatkan rasa keingin tahuan terhadap dunia militer kkhususnya TNI AU. “Kita berharap, kedepan akan ada pemuda asal Kota Tanjungpinang ikut bergabung dalam TNI AU yang nantinya bisa membawa pesawat itu sendiri ke daerahnya,” paparnya.

Terkait hal tersebut, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengapresiasikan kedatangan tim operasi pengamanan ALKI tersebut di Kota Tanjungpinang. Wawako Tanjungpinang berharap, kehadiran pesawat tersebut bisa memberikan motivasi kepada pemuda dan pemudi Tanjungpinang untuk bergabung menjadi personil TNI AU. Sebab, selama ada penerimaan anggota baru TNI, minat para pemuda dan pemudi yang ada di Kota Tanjungpinang jauh rendah dari target TNI sendiri. “Kedepan, kita berharap akan ada pemuda dan pemudi yang mau bergabung menjadi personil TNI AU setelah melihat keempat pesawat ini,” pungkasnya.

Acara penyambutan para Penerbang tempur Skadron Udara 12 ini dilaksanakan di Bandara RHF, ditandai dengan pengalungan bunga diiringingi tabuhan kompang dari pramuka Saka Dirgantara sesat setelah turun dari pesawat.

Baca juga:  Danlanud Rsn Pimpin Sertijab Danskadud 16

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel