Berita

Enam Perwira Remaja Lanud Abd Saleh Jalani Pendidikan Transisi Penerbang

Dibaca: 8 Oleh 09 Sep 2021September 10th, 2021Tidak ada komentar
5 4
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Zulfami, S.Sos., M.Han., membuka Pendidikan Transisi Penerbang di apron Hanggar Skadron Udara 21, Rabu (8/9/2021) diikuti enam perwira siswa, lulusan AAU tahun 2019. Dari enam Pasis tersebut, akan di pecah menjadi tiga kelompok, masing-masing kelompok dua Pasis untuk menjalani pendidikan di tiga skadron udara yaitu Skadron Udara 4, Skadron Udara 21 dan Skadron Udara 32 selama beberapa waktu ke depan.

Dalam sambutannya Danlanud Abdulrachman Saleh menyatakan pendidikan transisi penerbang merupakan pendidikan peralihan penerbang dari pesawat latih ke pesawat operasional yang ada di skadron-skadron udara di jajaran TNI AU. Ditambahkan Danlanud agar para Pasis mengikuti semua rangkian pendidikan transisi, baik saat bina kelas maupun bina terbang dengan baik.

Hal yang cukup istimewa dalam pendidikan transisi penerbang kali ini adalah kembali tampilnya satu perwira wanita angkatan udara (Wara) yaitu Letda Pnb Lucky Napitupulu, siswi transisi penerbang pesawat angkut ringan jenis Cassa 212 dari Skadron Udara 4. Hal ini berarti regenerasi penerbang wanita di TNI AU umumnya berlanjut seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga:  Danlanud Pattimura & Ketua PIA Ardhya Garini Cab.7/D.III Melepas Keberangkatan 2 Siswa SMA Pradita Dirgantara asal Ambon untuk Kembali Belajar Tatap Muka di Kampus SMA Pradita Dirgantara. TNI AU. Silaturahmi dua siswa SMA Pradita Dirgantara dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan kegiatan belajar tatap muka pada sekolah semester ganjil, Janelly Mailoa (17th) kelas 12 dan Benedicto Paulzetvian Mailoa (15th) kelas 10 yang merupakan putra terbaik Maluku dari lulusan SMP Lentera Ambon. Silaturahmi kedua siswa SMA Pradita Dirgantara dengan Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, M.Sc., M.Si (Han) dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.7/D.III Lanud Pattimura Ny. Elisabeth Dhewo, disertai dengan pemberian santiaji dan tali asih dari Danlanud Pattimura kepada kedua siswa tersebut. Bertempat di Mako Lanud Pattimura. (Kamis pagi, 29-7-2021). Selanjutnya, kegiatan makan malam bersama dua siswa SMA Pradita Dirgantara tersebut bersama Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, M.Sc., M.Si (Han) dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.7/D.III Lanud Pattimura Ny. Elisabeth Dhewo, Kadisops Lanud Pattimura Letkol Pas Yohanes M. Paulus, Kadispers Lanud Pattimura Letkol Adm Yotam Djalima. Bertempat di Lobi Mess Jupiter Lanud Pattimura (Kamis Malam, 29/7). Sebelumnya kedua siswa SMA Pradita Dirgantara tersebut melaksanakan pembelajaran via daring di rumah masing-masing. Saat ini di SMA Pradita Dirgantara sudah diberlakukan sekolah tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum kembali ke Sekolah SMA Pradita Dirgantara yang berlokasi di Komplek Lanud Adi Sumarno, Solo, Jawa Tengah, kedua siswa tersebut sudah melaksanakan vaksinasi pada Rabu (14/7) di Sikes Lanud Pattimura. Kedua siswa SMA Pradita asal Ambon tersebut, selanjutnya kembali menuju kampus SMA Pradita Dirgantara dengan menggunakan pesawat TNI AU CN-295 dari Lanud Pattimura. Lanud Pattimura memfasilitasi kedua siswa tersebut untuk melaksanakan PCR tes (27/7) dengan hasil negatif, kemudian isolasi mandiri di Mess Jupiter Lanud Pattimura selama 3 hari, lalu dilanjutkan tes Swab Antigen dengan hasil negatif. Keberangkatannya dilepas oleh Danlanud Pattimura dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.7/D.III, Kadisops Lanud Pattimura Letkol Pas Yohanes M. Paulus, Kadispers Lanud Pattimura Letkol Adm Yotam Djalima, di Base Ops Lanud Pattimura. (Jumat, 30-07-2021). Pesan Danlanud Pattimura kepada kedua siswa SMA Pradita Dirgantara tersebut, jadilah seseorang yang memiliki integritas yang baik mulai dari sekarang saat telah menjadi bagian dari siswa SMA Pradita Dirgantara

Upacara ditandai dengan penyematan badge kepada perwakilan peserta pendidikan. Turut hadir dalam upacara tersebut Komandan Wing Udara 2 Kolonel Pnb Toto Ginanto, S.T., M.A.P., Kadisops Kolonel Pnb Subhan, S.T., M.A.P. Kadispers Kolonel Pnb Agus Mulyadi, S.Sos., M.M., Kadislog Kolonel Tek Sidik Dhani B.N., S.T., M.M., M.A.P., Karumkit Kolonel Kes dr Ari Putriani, Sp.PK., para komandan satuan dari Lanud Abdulrachman Saleh dengan peserta upacara perwira, bintara dan tamtama dari jajaran Lanud Abd Saleh.

Keenam Pasis Pendidikan Transisi Penerbang tersebut adalah Letda Pnb Lucky Napitupulu dan Letda Pnb Irvan Fajar Achmadi Pasis Pesawat Cassa 212, Letda Pnb Bobby Hanafi dan Letda Pnb Sultan Anjar W., Pasis Pesawat EMB 314 Super Tucano serta Letda Pnb Chrisian Harinda dan Letda Pnb Anggi Ari Kurnia, Pasis Pesawat C-130 Hercules.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel