Berita

Exit Brifing, Pangkoopsau I Berikan 3 Penekanan

Dibaca: 5 Oleh 13 Mar 2017Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Bertempat di Lobi Makoopsau I, Pangkoopsau I Marsda TNI Yuyu Sutisna. S.E, MM mengadakan exit brefing, Minggu (12/03). Acara exit brefing tersebut sengaja dilaksanakan  mengingat padatnya kegiatan beliau. Exit brefing juga merupakan salah satu rangkaian sertijab Pangkoopsau I dari Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E, MM kepada Marsma TNI Imran Baidirus S.E yang akan dilaksanakan Senin, 14-03-2017 di Mabesau-Jakarta.

Dalam amanatnya Marsda TNI Yuyu Sutisna mengajak kepada seluruh personel agar tetap mempertahankan “Zero Accident” sehingga impian menjadi First Class Air Force dan Kotama terbaik tetap dapat dicapai. Tambahnya, Semenjak dilantik menjadi Panglima Koopsau I tanggal 5 januari 2016, saya mempunyai tekad untuk dapat melaksanakan tugas pokok dengan maksimal sesuai tugas yang diembankan kepada Koopsau I, baik bidang operasi dan latihan, bidang logistik, personel dan bidang khusus lainnya. Latihan puncak angkasa yudha tahun 2016 lalu, yang dibebankan kepada Koopsau I sebagai Dirlat dan penyelenggara latihan, juga telah berhasil kita laksanakan dengan baik dan mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari pimpinan.

Baca juga:  TNI AU Gelar Bakti Sosial di Medan

Pertama. Sepanjang tahun 2016, seluruh program kerja sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan bersama dan kita telah berhasil mencapai zero accident, namun hal tersebut jangan menjadikan kita untuk terlena, melainkan harus bisa menjaga dan lebih meningkatkan lagi budaya safety dalam setiap pelaksanaan tugas. Jika kita melihat incident dan accident yang terjadi, faktor yang dominan adalah human error. Zero accident memang mudah diucapkan tetapi sulit untuk dilaksanakan. Zero accident sesungguhnya bisa kita capai apabila semua pihak ikut memberikan kontribusi positif dan memiliki budaya safety. Lambangja bukanlah sesuatu yang bersifat instan, tetapi diupayakan melalui langkah-langkah kongkrit untuk mencegah setiap potensi incident dan accident sekecil apapun, dengan demikian tidak ada toleransi terhadap faktor lambangja.

Kedua. Berbagai keberhasilan baik dalam bidang operasi, latihan, personel dan logistik serta bidang lainnya sudah dapat kita raih sesuai harapan kita bersama. Peningkatan kesiapan pesawat, kemampuan penerbang, penggunaan jam terbang serta pemeliharaan alutsista yang kita miliki sudah kita lakukan dengan optimal. Hal ini dapat terukur dari setiap misi operasi yang kita laksanakan. Namun itu semua tidak terlepas dari baiknya kordinasi antar satuan dan komando atas, oleh karenanya bina terus komunikasi yang baik, laksanakan selalu kordinasi aktif ke komando atas, baik informasi yang berkembang ataupun kondisi lingkungan di satuan.

Baca juga:  Pekan Disiplin di Lanud Eltari

Ketiga, selama menjabat Pangkoopsau I, Marsda TNI Yuyu Sutisna telah berusaha melakukan terobosan-terobosan untuk mencari solusi berbagai permasalahan yang dihadapi, meskipun terkadang kebijakan yang saya terapkan sedikit bertentangan, namun semua ini saya lakukan untuk menyiapkan kesiapsiagakan sesuai tugas pokok yang diemban. Bagi beliau tidak perlu hanya slogan, namun harus ada tindakan nyata, seperti yang sering disampaikan; jangan bermain-main dengan Lambangja dan tidak ada toleransi terhadap pelanggaran apapun, guna mewujudkan Koopsau I sebagai Kotama terbaik.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel